Pemkab Tidak Serius Mendata Seniman - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Tidak Serius Mendata Seniman

Pemkab Tidak Serius Mendata Seniman

Written By Mang Raka on Selasa, 14 Maret 2017 | 12.30.00

KLARI, RAKA – Validasi data perajin wayang disetiap wilayah di Kabupaten Karawang belum juga dilakukan di wilayah Kecamatan Klari. Padahal rencana tersebut sudah digulirkan sejak akhir 2016 lalu. Bahkan kini, seniman menilai Pemerintah Daerah tidak serius menjaring seniman wayang dan perajin khusus agar terdata di wilayah kabupaten ini.

Saat ditemui dikediamannya, Ana Sumarna (73) Warga Jatirasa, Desa Duren, Kecamatan Klari mengatakan, untuk pendataan yang dulu sempat diwacanakan Pemerintah Daerah belum juga ada. Padahal, hal itu sudah digemborkan sejak jauh jauh hari. “Ah neupi ayeuna oge, euncan aya nu datang ngadata. Lamun eunya serius mah geus ti bulan kamari ge didata meureunan. (Ah hinga sekarang juga, belum ada yang mengadata. Kalau benar serius pastinya dari bulan lalu juga sudah dilakukan pendataan),” cetus Ana perajin wayang golek diwilayah Kecamatan Klari kepada Radar Karawang di galeri wayangnya, Senin (13/3).
Ana menyinggung, ketidak seriusan pemerintah daerah terutama instansi terkait terhadap keberadaan para pengrajin diwilayahnya. Hal tersebut seharusnya segera dilakukan, agar nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para pengrajin yang ada diberbagai wilayah. “Jigana teu serius ngajalankeun tugasna. Padahal mah sae pisan lamun dilakukan pendataan, supaya eungke jumlah pengrajin bisa dikanyaho ku orang banyak dikarawang. (Kayanya tidak serius dalam menjalankan tugas. Padahal bagus kalau pendataan itu dilakukan. Karena dapat meningkatkan kesejahteraan pengraji nantinya),” ucapnya.
Ana berharap, agar wacana Validasi data yang dilakukan Pemerintah Daerah dengan menginterupsikan Dinas Kebudayaan, dapat segera dilakukan. Hal itu agar seluruh pengrajin yang ada di Karawang dapat diketahui keberadaannya, selain dapat diketahui kesejahteraan pengrajin nantinya.  “Harapan Abah mah, mun eunya bade ngadata, sok geurakeun. Ulah janji janji hungkul (Harapan saya, kalau memang benar mau mendata untuk disegerakan, jangan hanya sebatas janji manis),” tegasnya.
Hal senada disampaikan Yudi pemilik kerajinan Miniatur Sepeda yang berada di Perumahan Puri Kosambi, menurut yudi, para pengrajin saat ini tidak hanya membutuhkan wacana saja. Akan tetapi, meski adanya action yang meski dilakukan pemerintah, dalam menjaring seluruh pengrajin yang ada diwilayahnya. Hal tersebut dikarenakan banyaknya potensi besar dikarawang yang masih belum terjaring dengan baik. “Jangan sampai pemerintah sendiri tidak tahu, kalau karya warganya itu sudah sampai menembus pasar internasional, ya seperti sekarang buatan kerajinan saya sudah terkenal di luar negeri,” jelasnya.
Sehingga, ia menambahkan, agar validasi data yang diwacanakan Pemerintah Daerah dapat segera direaliasikan. Karena hal itu sangat berpotensi dalam meningkatkan ekonomi warga pengrajin yang ada diwilayah ini. “Kabupaten Tetangga saja, bisa kenapa karawang tidak bisa. Padahal saya yakin di karawang ini banyak kreatifitas warganya bagus bagus dan tidak kalah bersaing dengan wilayah lain,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template