Pemerintah Pusat Gandeng Pesantren Budidaya Ikan Lele - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemerintah Pusat Gandeng Pesantren Budidaya Ikan Lele

Pemerintah Pusat Gandeng Pesantren Budidaya Ikan Lele

Written By Mang Raka on Jumat, 24 Maret 2017 | 14.30.00

RAWAMERTA, RAKA - Pemerintah pusat melirik Pondok Pesantren (Ponpes) yang berada di Kecamatan Rawamerta untuk melaksanakan program budidaya lele dengan sistem bioflok yang sebelumnya sudah dilakukan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Karawang. Hal itu disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan wilayah 2, Ahmad Sopyan, saat mendampingi petugas dari kementrian beberapa hari kemarin.
"Kementrian pusat baru mensurvei dan kebetulan saya mendampingi, karena kebetulan Rawamerta bagian dari wilayah saya," kata kepala UPTD Ahmad Sopyan, kepada Radar Karawang.
Namun, lanjutnya, dia belum mengetahui pesantren mana saja yang akan menerima program ini. "Kemarin katanya sudah ketemu dengan beberapa pesantren, hasil dari kegiatannya nanti di ponpes mana aja itu kami sedang menunggu juga. Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut, karena kemarin saya itu baru mendampingi petugas dari kementrian pusat yang kebetulan melihat potensi di Kecamatan Rawamerta yang terdapat banyak Ponpes," sambungnya.
Secara jelas, terang dia, sistem budidaya ikan lele di ponoes-ponpes yang akan dilaksanakan belum diterangkan secara terperinci. Hanya saja, pemerintah menunjuk Kecamatan Rawamerta untuk meneruskan keberhasilannya setelah dilakukan di Lapas Karawang. "Sistem peternakan yang akan dilaksanakan saya kurang tahu. Tapi yang pasti itu seperti yang di lapas yakni sistem bioflok, untuk teknis dan kepastian nanti mereka akan menghubunginya kembali," terangnya.
Ia melanjutkan, alasan Rawamerta dipilih untuk menjalankan program ini, karena kecamatan ini merupakan daerah santri. "Karena wilayah Rawamerta itu bagian dari wilayah saya, maka saya dampingi. Cuman untuk lebih jelasnya, pihak kementrian nanya ke saya tentang wilayah Rawamerta untuk melaksanakan kegiatan membudidayakan lele ke pondok pesantren, maka pada waktu itu saya dampingi mereka," ucapnya.
Hal ini dia akan sampaikan kepada stakeholder yang berada di Kecamatan Rawamerta, agar ditindak lanjuti dan diketahui perkembangannya. Pasalnya, program ini merupakan program yang bagus untuk bisa menjadikan Kecamatan Rawamerta menjadi produsen lele. "Maka daei itu, saya sampaikan hal ini ke camat beserta staf jajarannya di minggon kecamatan kemarin. Soalnya pemerintah sudah mempercayakan ke wilayah kita, tinggal bagaimana kita memoersiapkannya," pungkasnya. (rok)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template