Pembangunan Sutet Terkendala Perda RTRW - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembangunan Sutet Terkendala Perda RTRW

Pembangunan Sutet Terkendala Perda RTRW

Written By Mang Raka on Kamis, 30 Maret 2017 | 12.00.00

RAWAMERTA, RAKA - PT Jawa Satu Power sebagai perusahaan pemenang tender hasil konsorsium dengan PT Pertamina, berencana akan membangun saluran udara tegangan ekstra tinggi (Sutet) Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) di 20 desa yang berada di 5 kecamatan. , dari 5 Kecamatan yang akan dibangun mulai tahun 2020 mendatang, nampaknya akan menemui beberapa kendala, salah satunya peraturan tentang tata ruang dan tata wilayah (RTRW).
Lima kecamatan yang masuk dalam proyek sutet ini yaitu Kecamatan Cilamaya Kulon, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kecamatan Tempuran, Kecamatan Cilebar dan Kecamatan Rawamerta dengan tujuan untuk memenuhi suplai listrik sebesar 35 ribu mega watt untuk wilayah Jawa – Bali. 1760 mega watt berasal dari PLTGU Kabupaten Karawang, saat ini masih terkendala perda tata ruang daerah.
Camat Rawamerta, Dindin Rahmadi, Sos MM, yang pernah menjabat sebagai kabid prasarana dan tata ruang Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), mengatakan, pembangunan sutet tersebut kemungkinan besar tidak akan bisa dibangun dalam jangka waktu dekat ini. Pasalnya, pembangunan sutet tersebut akan menabrak perda tentang tata ruang, dan pihak Pertamina tersebut harus mengajukan permohonan langsung kepada Pemkab Karawang, sedangkan saat ini permohonan tersebut masih sebatas lisan belum berbentuk permohonan resmi. "Sampai saat ini belum mengajukan permohonan langsung kepada Pemkab Karawang, baru sebatas omongan," katanya, kepada Radar Karawang.
Selain itu, kata dia, rencana pembangunan sutet ini, dinilai berbenturan dengan Perpres No 4 tahun 2016 Tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan, dan Perda No 2 tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang wilayah Kabupaten Karawang. "Sutet ini bisa berdiri setelah nanti proses tata ruangnya sudah selesai, kita hanya bisa mendukung saja," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template