Motif Keramik Plered Kalah Saing - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Motif Keramik Plered Kalah Saing

Motif Keramik Plered Kalah Saing

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Maret 2017 | 15.00.00

PLERED,RAKA -  Kepala UPTD Litbang Keramik Plered, Bambang Mega Wahyu mengatakan, guna lebih meningkatkan kualitas keramik dari Kecamatan Plered, pihaknya terus berupaya melakukan pengembangan motif serta meningkatkan kemampuan para perajin. Hal itu dilakukan agar terciptanya keramik Plered yang berkualitas.
"Ada tiga yang menjadi fokus kita di tahun 2017 ini, seperti peningkatan SDM perajin, pengembangan kualitas dan promosi," ujarnya, kepada Radar Karawang, Jumat (17/3).
Menurutnya, ketiga poin tersebut sangatlah penting, guna meningkatkan pendapatan para perajin. Apalagi gerabah keramik Plered, kata dia, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal saja namun juga mancangera. Dia mengatakan, tercatat hingga akhir tahun 2016 kemarin, ratusan hingga ribuan gerabah keramik dari berbagai jenis, bentuk dan ukuran telah dikirim baik Asia, Eropa, Amerika hingga Afrika. "Untuk tahun 2017, kita belum mendata, namun di tahun 2016 kemarin kita sudah ekspor 112 teronton," terangnya.
Jumlah tersebut, kata Bambang, naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Sebab, kata dia, di tahun 2014 dan 2015 lalu dia mencatat tidak tembus 100 truk kontainer untuk dikirim ke pasar mancanegera. Untuk tahun 2017, dirinya mengaku optimis jika gerabah keramik akan meningkat 15 persen hingga 20 persen ketimbang tahun sebelumnya.  Pencapaian tersebut akan terjadi dengan terus didorongnya peningkatan SDM pengrajin serta peningkatan mutu dan kualitas keramik. "Gerabah keramik Plered itu sudah diakui di mata dunia jadi kualitasnya harus dijaga. Untuk itu, pelatihan pembuatan dasar keramik dan pelatihan motif keramik, kita lakukan untuk penuhi permintaan pasar. Tujuanya, supaya barang yang kita jual tidak kalah saing dengan barang dari negera lain," katanya.
Sementara, salah seorang pedagang keramik Plered di Desa Anjun, H. Ujang (50) mengungkapkan, kualitas keramik Plered lebih unggul dibanding keramik produksi daerah lain. "Kendati desain keramik Plered belum mampu mengimbangi desain keramik luar kota, namun keramik Plered sendiri lebih kokoh," katanya.
Menurutnya, dalam hal motif, mungkin keramik Plered masih sedikit ketinggalan, namun demikian kebanyakan  pembeli luar daerah tetap memilih keramik Plered. Pasalnya keramik Plered memiliki kelebihan yang tidak dimiliki keramik luar. "Memang, dalam hal motif keramik Plered masih sederhana, tapi kalau kekuatan keramik kita lebih unggul, hal ini yang menjadi pilihan para pembeli, artinya tinggal motifnya saja yang dikembangkan lebih variatif lagi," ujarnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template