Menikah di KUA Gratis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Menikah di KUA Gratis

Menikah di KUA Gratis

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Maret 2017 | 13.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Ada kabar gembira bagi pasangan yang ingin menikah tahun ini. Pasalnya, di Kantor Urusan Agama (KUA) tidak perlu repot lagi mengurus masalah kartu keluarga dan akta kelahiran.
"(kalau) di luar kantor KUA dan pada hari libur atau luar jam kerja (biaya pengawasan) Rp 600 ribu dan disetor langsung ke bank," ungkap Ketua KUA Kecamatan Cikampek Ujang Rahmat, Rabu (15/3) kemarin.
Ia melanjutkan, masyarakat kini tidak perlu pusing jika ingin menikah, karena aturan pemerintah sudah jelas jika pernikahan dilakukan di kantor KUA pada jam kerja, itu sama sekali tidak harus mengeluarkan biaya. "Masyarakat harus bisa daftar sendiri ke KUA, persyaratan harus lengkap dan sesuai dengan aturan yang berlaku," ucapnya.
Ia mengatakan, selama ini di wilayah Cikampek bisa dikatakan normal untuk pernikahan. Bulan Januari ada 88 pasangan, sedangkan Februari ada 47 pasangan. "Kita jauh dari pungutan liar (pungli)," ujarnya.
Untuk para pengantin, kata Ujang, jika ada di bawah umur 16 tahun untuk perempuan, itu diharuskan melakukan proses terlebih dahulu di pengadilan dan bagi laki-laki yang masih di bawah usia 19 tahun. Meskipun ada izin dari orangtua hal itu tidak bisa dikatakan baik, karena aturan saat ini sudah berbeda dengan yang tahun-tahun sebelumnya. Alhamdulillah di sini belum ada yang nikah di bawah umur," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template