Mafia TKI Ilegal Masih Berkeliaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mafia TKI Ilegal Masih Berkeliaran

Mafia TKI Ilegal Masih Berkeliaran

Written By Mang Raka on Jumat, 31 Maret 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Kabupaten Karawang merupakan salah satu daerah yang cukup besar menyuplai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri. Karena banyaknya warga yang menjadi TKI, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang selaku instansi yang menangani persoalan tersebut, kewalahan menangani permasalahan TKI ilegal.
Kepala Disnakertrans Kabupaten Karawang A Suroto mengatakan, karena warga Karawang banyak menjadi TKI, maka permasalahan yang menimpa mereka juga tidak sedikit. Pihaknya bahkan tidak memiliki data akurat mengenai masalah yang dialami TKI ilegal. "Bila ada masalah tentang TKI terutama yang ilegal, kita selalu kena batunya," ujar Suroto belum lama ini.
Ia melanjutkan, permasalahan yang menimpa para TKI itu beraneka ragam, mulai dari upah yang tidak dibayarkan, penyiksaan, kecelakaan kerja, pemerkosaan maupun pembunuhan. "Bila sudah ada masalah, siapa yang akan bertanggungjawab? Ujung-ujungnya, pemkab harus mengurus TKI yang bermasalah itu," ucapnya.
Dia mengakui, pihaknya sudah lama mengeluarkan kebijakan moratorium bagi TKI terutama untuk negara Timur Tengah. Pasalnya, TKI yang berangkat ke Timur Tengah paling banyak yang bermasalah. "Kalau yang legal ada masalah, kami bisa langsung berkoordinasi dengan PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia)-nya. Tapi kalau yang ilegal, bagaimana kami bisa menulusurinya. PJTKI-nya saja tidak tahu," ujarnya.
Dia menghimbau kepada masyarakat Karawang agar jangan mau terbujuk rayuan pihak sponsor, yang mengarahkan untuk menjadi TKI ilegal. Kalaupun mau jadi TKI, diharapkan mendaftar secara legal. "Kami akan bantu urus bagi masyarakat yang mau jadi TKI legal," ujarnya.(zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template