Madrasah DTA Dapat BOS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Madrasah DTA Dapat BOS

Madrasah DTA Dapat BOS

Written By Mang Raka on Senin, 13 Maret 2017 | 12.30.00

-Dijatah Rp 15 Juta

Kementerian Agama (Kemenag) mengalokasikan anggaran Rp 30 miliar untuk dana bantuan operasional pendidikan (BOP) di madrasah diniyah takmiliyah awaliyah (DTA). Mulai tahun ini.
Total lembaga DTA yang bakal menerima bantuan itu mencapai 2.000 unit lembaga. Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, jumlah lembaga DTA sejatinya sangat banyak. Dia mencatat jumlah DTA di seluruh Indonesia sekarang mencapai 70 ribu unit. Karena keterbatasan anggaran, tahun ini Kemenag baru menyiapkan BOP untuk 2.000 MDT. "Setiap lembaga madrasah diniyah nanti dapat Rp 15 juta," jelasnya kemarin.
Sampai sekarang Kemenag belum menetapkan rincian lembaga MDT yang bakal menerima BOP itu. Dia menjelaskan saat ini perkembangan MDT terus meningkat. Diantaranya adalah menjaga tradisi pembelajaran keagamaan yang sudah sekian lama dan turun-temurun berlangsung di Indonesia.
Kamaruddin mengatakan saat ini juga sudah banyak lembaga DTA yang unggul di setiap kabupaten/kota. Ditambahkannya, dari seluruh lembaga DTA yang ada, kebanyakan kategori tingkat awal atau awaliyah.
Kemudian disusul tingkat menengah (wustha) dan tinggi (ulya). Diantara persyaratan pemilihan DTA yang mendapatkan BOP adalah status kelembagaannya.
Yakni harus terdaftar di Kemenag, berbadan hukum, memiliki rekening atas nama lembaga, sertifikat lembaga pendidikan, serta nomor statik dan NPWP.
Pengamat pendidikan dari UIN Syarif Hidayatullah Jejen Musfah mengatakan, pemerintah sudah selayaknya membantu lembaga pendidikan diniyah yang merupakan lembaga pendidikan Islam nonformal. “Selama ini pemerintah khususnya Kemenag fokusnya ke lembaga pendidikan formal dan negeri," jelasnya.
Dia menuturkan meskipun perhatian dari Kemenag ini terlambat, tetap harus diapresiasi.
Jejen mengatakan DTA selama ini berfokus mencetak lulusan yang kompeten di bidang agama. Dia menuturkan idealnya lulusan DTA melanjutkan pendidikan di ma’had ali. Selain itu juga bisa menuntut ilmu ke luar negeri seperti di Mesir, Makkah, Maroko, atau Tunia. Mendalami ilmu Alquran, Hadist, Fiqih, Tafsir dan sejenisnya. (wan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template