Lelang Jabatan Dianggap Cuma Formalitas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lelang Jabatan Dianggap Cuma Formalitas

Lelang Jabatan Dianggap Cuma Formalitas

Written By Mang Raka on Kamis, 23 Maret 2017 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Masih ada tiga jabatan kepala dinas atau jabatan eselon II yang kosong. Rencananya tiga jabatan kosong itu akan dilelang secara terbuka. Namun belakangan beredar kabar di kalangan para abdi negara, bahwa lelang jabatan hanya formalitas.
Sejumlah PNS yang bertugas di lingkungan Pemkab Karawang yang berhasil ditemui, mengaku tidak mau ikut lelang karena dinilai percuma. Mereka bahkan menyebutkan pejabat yang akan mengisi kekosongan itu sudah disiapkan. "Pejabatnya sudah disiapkan, lihat saja nanti," ucap salah satu PNS yang seolah mencibir proses lelang yang dilakukan di Pemkab Karawang, yang enggan disebutkan namanya.
Sementara berkaitan dengan santernya rumor tersebut, ternyata tidak diambil pusing oleh para anggota DPRD Karawang, selaku pejabat yang memiliki kewenangan mengawasi jalannya roda pemerintahan. Pasalnya, beberapa anggota Komisi A meski dimintai keterangan terkait hal itu, tidak ada satupun yang angkat bicara.
Kabid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang Jajang Jaenudin, membantah rumor tersebut. Pasalnya, proses lelang benar-benar akan dilakukan secara terbuka. Seleksi terbuka atau istilah populernya lelang jabatan adalah amanat Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, yang mekanismenya diatur dalam Permenpan Nomor 13 Tahun 2014. "Tidak benar proses tersebut formalitas. Panitia seleksinya mayoritas dari eksternal," tegas Jajang.
Menurutnya panitia seleksi (pansel) akan menjalankan tugas sebaik mungkin, sesuai dengan aturan yang berlaku. Bahkan tingkat objektifitasnya dipastikan akan bisa dipertanggungjawabkan. "Dari akademisi dan praktisi (pansel)," ucapnya.
Sementara Sekretaris BKPSDM Karawang Asep Aang Rahmatullah menyampaikan, lelang jabatan esselon II untuk tiga jabatan kosong yaitu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, saat ini menunggu Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). "Hari ini baru mau ke KASN. (Untuk dapat) rekom KASN," ucapnya.
Dia menyampaikan, kekosongan jabatan tersebut tidak akan lama lagi diisi oleh pejabat yang mengikuti lelang jabatan. Bahkan pihaknya mengaku menargetkan pada bulan Mei mendatang, jabatan tersebut sudah terisi secara definitif. "Target (sampai terisi jabatan yang kosong) bulan Mei," ucapnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template