Koperasi Desa Mau Geser BUMDes - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Koperasi Desa Mau Geser BUMDes

Koperasi Desa Mau Geser BUMDes

Written By Mang Raka on Jumat, 17 Maret 2017 | 12.00.00

KLARI, RAKA – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) seharusnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, apalagi saat ini kucuran pemerintah pusat dan daerah ke desa sangat besar.
Namun hingga saat ini BUMDes belum bisa diandalkan untuk menggerakan ekonomi masyarakat desa. Hal itu juga diungkapkan oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Karawang HM Warman SE. Menurutnya lembaga tersebut belum mampu memberikan efek besar terhadap masyarakat. “Lembaga BUMDes ini kan lebih cenderung ke swasta. Kalau memang BUMDes ini dinilai untuk dapat mempercepat kesejahteraan masyarakat, mestinya peranan itu sudah berjalan efektif,” tegasnya.
Ia melanjutkan, jika pihak desa berkeinginan mempercepat pembangunan di bidang ekonomi, maka keberadaan BUMDes sebagai roda ekonomi mesti segera digantikan dengan koperasi desa. “Koperasi desa tujuannya jelas yaitu adanya koperasi. Beda dengan BUMDes,” katanya.
Agar impian itu terwujud, kata Warman, program koperasi desa yang sudah dirumuskan harus berjalan. Ia mencontohkan, tempat simpan pinjam. Tapi apakah simpan pinjam ini bisa menguntungkan anggotanya. "Padahal, jelas yang lebih menguntungkan itu dengan berkoperasi,” tegasnya.
Dia menegaskan, ketidaksepakatannya terhadap keberadaan lembaga BUMDes yang ada di setiap desa di Kabupaten Karawang. Hal tersebut dikarenakan ketidakjelasannya kucuran anggaran yang diperuntukan BUMDes tersebut. “Saya sangat tidak sepakat adanya BUMDes, karena untuk kucuran anggarannya juga tidak jelas lari kemana. Beda dengan koperasi jelas, dan dapat dirasakan manfaatnya untuk anggota yang bergabung,” ucapnya.
Disamping itu, Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Karawang Anwar Musadad menyampaikan, agar kesadaran masyarakat dalam berkoperasi dapat mendulang tinggi setiap tahunnya. Maka pengajuan rencana dibentuknya UPTD Dana Usaha Daerah (Dud), sedang dalam proses pengajuan. Hal tersebut diharapkan dapat terealisasi secepatnya. “Kami sedang merencanakan adanya UPTD di setiap kecamatan yang dinamakan BUD yaitu Badan Usaha Daerah, dimana ini menjadi naungan koperasi di setiap desanya nanti,” ujarnya.
Saat disinggung perihal keberadaan lembaga BUMDes yang berada di desa, menurutnya agar dapat lebih efektif dalam pemerataan kesejahteraan masyarakat, di bidang ekonomi. Setiap desa meski memiliki lembaga koperasi desa. Karena dengan adanya koperasi di setiap desa tersebut, akan menjadikan solusi dalam persoalan ekonomi. “Karawang ini berpotensi besar. Jadi lebih baik diadakan koperasi desa, agar peranannya lebih terasa efektif nantinya,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template