Kantor Desa Talagamulya Akan Dipindah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kantor Desa Talagamulya Akan Dipindah

Kantor Desa Talagamulya Akan Dipindah

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Maret 2017 | 12.30.00

TELAGASARI, RAKA - Sebanyak tiga desa di Kecamatan Telagasari menjadi desa paling terakhir mendapatkan prototype tahun ini. Selain Kalisari dan Pasirmukti, pembangunan kantor desa yang akan menghabiskan anggaran Rp 500 juta tersebut juga akan dibangun di Desa Talagamulya. Namun, lahan kantor desa lama yang sempit membuat pemerintah desa ini mengalihkannya ke lokasi lain dengan lahan yang akan menjadi aset Pemkab.

Kades Talagamulya, Endang Suryana mengatakan, kantor lamanya tidak memungkinkan dibongkar dan dibangunkan di lokasi semula, meskipun tanahnya sudah menjadi aset pemerintah desa, karena alasan sempit. Sebab pembangunan kantor desa baru dengan berbagai tipe membutuhkan lahan yang cukup untuk dibangunkan. Karenanya, pihaknya mengalihkan lokasinya tidak jauh dari Perumahan, tanahnya sebut Endang untuk menghindari sengketa dan lainnya, dihibahkan dan akan menjadi aset Pemkab, tapi bukan milik desa.
Meski demikian, ia berharap, berkas dan kelengkapan surat hibah dan menjadi aset Pemkab itu bisa kuat untuk tidak menimbullkan polemik di kemudian hari. "Kita pindahkan ke lokasi lainnya diatas tanah yang akan menjadi aset Pemkab," ungkapnya.
Endang menambahkan, segala bentuk ajuan dan lainnya sudah dilayangkan, dan sejauh ini pemerintah desa masih menunggu realisasi tahap pertahap prtotype tersebut. Sementara desa yang lama sebutnya, tidak akan dibongkar, tapi bisa dimanfaatkan untuk kantor BUMdes dan lainnya. "Kantor lama bisa dimanfaatkan untuk Bumdes dan lainnya," ungkapnya.
Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Talagamulya, Dadang mengapresiasi akan dibangunkannya kantor desa Talagamulya yang baru layaknya kantor-kantor desa pada umumnya. Namun, peralihan lokasi di kantor Prototype baru, diinya berharap bukan kantornya saja yang definitif, tetapi tanahnya ia inginkan untuk mutlak dimiliki desa, bukan sewa-menyewa, hibah atau menjadi milik pemkab sekalipun, karenanya ia berharap tanahnya bisa mutlak milik desa, entah prossnya bagaimana. Diharapkan Kepala Desa dan DPRD mendorong hal ini. "Kita inginkan Kantor Desa berdiri diatas tanah mutlak milik desa, walaupun aset Pemkab kan bukan aset desa nantinya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template