Kades Parungmulya Kembali Disidang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Parungmulya Kembali Disidang

Kades Parungmulya Kembali Disidang

Written By Mang Raka on Jumat, 24 Maret 2017 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Kades Parungmulya Kecamatan Ciampel Asep Dadang Kadarusman yang sebelumnya sempat dibebaskan oleh Pengadilan Tipikor Bandung, kembali menjadi pesakitan dalam perkara yang sama (dugaan korupsi pemerasan sejumlah pengusaha) menyusul perlawanan yang dilakukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Karawang dikabulkan hakim.

"Perlawanan kita dikabulkan hakim dan kami akan menyidangkan kembali terdakwa Asep," kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Karawang, Titin Herawati Utara, Kamis (23/3). Perlawanan jaksa dikabulkan hakim, kata Titin, diketahui setelah pihaknya menerima surat penetapan putusan hakim dengan perkara No. 7/TIPIKOR/2017/PT-Bdg yang berisi mengabulkan permintaan banding dari JPU  dan membatalkan putusan sela pengadilan  Tipikor pada pengadilan Negeri Bandung.
Hakim banding menyatakan surat dakwaan jaksa penuntut umum pada 5 Desember 2016 dinyatakan sah. "Kita masih menunggu penetapan sidang oleh pengadilan untuk melanjutkan pokok perkara dengan terdakwa Asep Kadarusman," jelasnya.
Terdakwa Asep Kadarusman, lanjut Titin,  saat ini belum dilakukan penahanan karena  penahanan saat ini merupakan kewenangan pengadilan. Meski begitu, sambung dia,  untuk memudahkan persidangan pihaknya akan mengajukan permohonan kepada majelis hakim agar terdakwa Asep Kadarusman segera ditahan seperti sebelumnya. "Penahanan terdakwa itu kewenangan hakim, tapi kita akan memohon agar terdakwa segera ditahan. Kita sedang mempersiapkan surat permohonan untuk dikirim ke pengadilan," ungkap Titin.
Titin mengatakan, Kejari Karawang  saat ini, tengah mempersiapkan jaksa untuk bersidang dalam perkara Asep Kadarusman. Dalam sidang lanjutan nanti langsung dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi yang sudah di BAP penyidik kejaksaan. "Selain menghadirkan saksi-saksi dari JPU, terdakwa bisa juga menghadirkan saksi-saksi dalam persidangan nanti. Saat ini kita sedang mempersiapkan saksi-saksi yang akan kita hadirkan agar mereka bisa hadir, karena mereka belum tahu dengan pembatalan vonis bebas ini," tandasnya.
Titin berharap, dalam persidangan nanti  agar majelis hakim yang akan bersidang nanti bukan majelis hakim yang membatalkan dakwaan JPU dalam perkara ini . Jika dipaksa untuk kembali menangani perkara ini di khawatirkan akan memunculkan conflik of interes. "Kita berharap majelis hakimnya baru sehingga dalam persidangan nanti berjalan lebih fair. Kalau majelis hakimnya masih yang lama, nantinya malah kagok," pungkasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template