Harga Bawang Impor Lebih Murah Dibanding Lokal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Bawang Impor Lebih Murah Dibanding Lokal

Harga Bawang Impor Lebih Murah Dibanding Lokal

Written By Mang Raka on Kamis, 23 Maret 2017 | 13.30.00

PLERED,RAKA - Meski kualitas bawang impor masih jauh dari bawang lokal, namun bawang impor kini mendominasi di sejumlah pasar. Harga miring ditambah pasokan pengiriman lancar, mengakibatkan bawang impor tersebut kian marak dipasaran. Salah satunya di Pasar Baru Citeko Kecamatan Plered. Banyak pedagang sayuran di pasar itu menjajakan bawang impor.
"Harganya murah bisa setengah dari harga bawang lokal," kata Piat (35), salah satu pedagang di Pasar Baru Citeko, kepada Radar Karawang, Rabu (22/3).
Piat menyebut, harga bawang lokal berada dikisaran Rp 26.000 perkilogram sedangkan bawang impor berada diharga Rp 20.000 perkilogram. "Memang murah sih, jadi banyak pengunjung lebih memilih bawang luar," katanya.
Padahal, lanjut dia, dari segi kualitas bawang merah lokal jauh dibandingkan bawang impor. Hal itu menurutnya, bisa dibedakan dari bentuk dan rasa. "Kalau bawang lokal seperti dari daerah Brebes, baunya wangi ketika digoreng dan ada rasanya enak dari bentuknya pun beda, kalau bawang impor gede ukuranya ketimbang bawang lokal,'' katanya.
Dominasi bawang merah asal luar ini, terjadi lantaran harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan bawang lokal yang didatangkan dari Pulau Sumatera maupun Pulau Jawa. Ditambah, para pedagang mengatakan, lancarnya pasokan ketimbang bawang lokal yang sering tersendat pasokannya, terutama jika kondisi cuaca tak menentu dan berpengaruh pada transportasi pengiriman.
Seperti diungkapkan pedagang Agus (40) pedagang lainya, dia mengaku sengaja berjualan bawang luar lantaran kesulitan mencari bawang lokal. Meski begitu dia menjelaskan,  harga bawang kini turun dibandingkan beberapa bulan kebelakang. "Dulu sempat tembus hargnya hingga 40 ribu perkilogram sekarang jadi Rp.20 ribu perkilogram,'' Jelasnya.
Hingga berita ini ditulis Radar Karawang belum bisa mengkonfirmasi pihak yang terkait regulasi pangan di Pasar Tradisional. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template