Gerbang Tol Sawit Resmi Beroperasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gerbang Tol Sawit Resmi Beroperasi

Gerbang Tol Sawit Resmi Beroperasi

Written By Mang Raka on Sabtu, 11 Maret 2017 | 15.00.00

- Kurangi Kepadatan di Jalan Arteri

PURWAKARTA, RAKA - Untuk mengurai antrean panjang kendaraan yang terjadi jelang akses keluar Gerbang Tol (GT) Jatiluhur. PT Jasa Marga, akhirnya mengoperasikan GT Sawit di KM 99+600 Tol Purbaleunyi. Pengelola jalan tol tersebut telah melakukan uji coba pengoperasi GT Sawit sejak Kamis (9/3) malam. Namun, baru efektif belaku pada Jumat (10/3) pagi, kemarin sekitar pukul 10.00 WIB, menyusul kondisi arus lalin yang padat.
AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, kepadatan yang terjadi ini disebabkan oleh kondisi Jalan Arteri di wilayah Cijantung-Gunung Putri Purwakarta menanjak dan jelek. "Akibatnya, laju kendaraan golongan II-V yang akan keluar dari GT Jatiluhur menuju Jalur Arteri Purwakarta-Padalarang melambat. Kepadatan di jalan nasional tersebut berimbas hingga jalur utama di jalan tol," kata Heru, melalui pesan singkat, Jumat (10/3).
Dengan kondisi itu, kata dia, Jasa Marga Cabang Purbaleunyi secara situasional mengoperasikan GT darurat Sawit dengan memperhatikan tingkat kepadatan kendaraaan golongan II dan III yang akan keluar di GT Jatiluhur. "Jika terjadi kepadatan arah keluar GT Jatiluhur, petugas Jasa Marga di lapangan akan mengarahkan kendaraan golongan II dan III untuk keluar di GT Sawit, sampai dengan kepadatan terurai," terang Heru.
Dia menuturkan, sebelumnya untuk mengurai kemacetan yang terjadi, Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa kanalisasi arus kendaraan truk golongan II-III yang menuju ke arah Bandung. Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga pemberlakukan contra flow mulai dari KM 80 - KM 84 dan pengalihan arus lalin kendaraan berat golongan IV-V dari Bandung menuju Jatiluhur keluar melalui Sadang. "Saat ini kami mengingatkan pengendara yang menggunakan akses GT Sawit tetap waspada dan berhati-hati, mengingat keterbatasan kondisi geometrik jalan terutama untuk kendaraan jenis truk berukuran besar," pungkas Heru. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template