Fogging DBD Rawan Pungli - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Fogging DBD Rawan Pungli

Fogging DBD Rawan Pungli

Written By Mang Raka on Senin, 27 Maret 2017 | 11.30.00

KARAWANG, RAKA - Masyarakat Kabupaten Karawang diminta proaktif jika ada petugas Dinas Kesehatan yang melakukan pungutan liar. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Yuska Yasin.
Dia meminta segera melaporkan kepada dirinya, jika ada oknum Dinas Kesehatan yang menguangkan program DBD atau program lainnya. Pasalnya setiap program yang diluncurkan oleh Dinkes, dipastikan tidak dibebankan kepada masyarakat. "Jika di lapangan ada yang mungut, laporkan ke saya," tegas Yuska kepada Radar Karawang.
Dia menyampaikan, Dinkes sudah mengalokasikan anggaran untuk penekanan kasus DBD di Karawang, termasuk anggaran fogging yang selalu diminta oleh masyarakat.
"Untuk anggaran fogging, pengalokasiannya berdasarkan perkiraan. Itu melihat kasus tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.
Oleh karenanya sangat memungkinkan perkiraan tersebut kurang dari kebutuhan yang ada. Sehingga di tahun-tahun sebelumnya sering ada kasus DBD yang seharusnya dilakukan fogging, tetapi tidak dilakukan karena kuota habis. "Kecuali anggarannya ditanggung masyarakat," ucapnya.
Ia melanjutkan, meski kuota fogging sudah habis, tetapi obat dan alatnya dipastikan ada. Kecuali solar atau biaya orang yang melakukan fogging. "Itu yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat," ucapnya.
Saat ini Dinkes sedang fokus menggarap peningkatan status puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), agar memiliki kewenangan untuk penganggaran sendiri. Sementara, Kepala Desa Balonggandu Suhana, selalu mengeluhkan terbatasnya anggaran fogging. Berkaca pada tahun sebelumnya, Desa Balonggandu melakukan fogging secara swadaya. "Seharusnya kalau kuotanya sudah habis. Bisa menggunakan anggaran gawat darurat. Karena kayak tahun kemarin. Warga saya banyak yang terkena DBD," pintanya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template