Dewan Sebut Pemkab tak Mampu Kelola Anggaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dewan Sebut Pemkab tak Mampu Kelola Anggaran

Dewan Sebut Pemkab tak Mampu Kelola Anggaran

Written By Mang Raka on Rabu, 29 Maret 2017 | 18.36.00

KARAWANG, RAKA - Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) Pemerintah Kabupaten Karawang tahun anggaran 2016, yang diperkirakan mencapai angka Rp 314,6 miliar dikritik DPRD.
Anggota Komisi B DPRD Karawang Natala Sumedha mempertanyakan kinerja eksekutif selama tahun 2016. Menurutnya, Fraksi PDI Perjuangan yang selalu mengkritisi kinerja pemkab, akhirnya terlihat juga secara jelas dalam angka-angka. Bahkan dia menilai penyerapan anggaran yang diserap oleh setiap organisasi perangkat daerah (OPD), cenderung lebih banyak belanja tidak langsungnya. "Kalau belanja tidak langsungnya saya kira di atas 90 persen penyerapannya. Tapi belanja langsung gimana? Inikan yang langsung dirasakan oleh masyarakat," ujarnya kepada Radar Karawang, Selasa (28/3) kemarin.
Dia menilai wajar jika banyak keluhan yang disampaikan oleh masyarakat, terutama kaitan dengan infrastruktur jalan. Mulai dari jalan nasional, provinsi, kabupaten, bahkan sampai jalan penghubung kecamatan, desa dan lingkungan. "Dimana coba di Karawang jalan yang gak rusak. Padahal itu yang diharapkan oleh masyarakat," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, warga jangan hanya fokus mempersoalkan kehadiran mal baru di Karawang yang saat ini selalu diperbincangkan. Padahal ada sisi lain yang lebih penting dari itu, yaitu kondisi infrastruktur jalannya yang rusak. "Akhirnya kondisi lalu lintas semerawut," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, saat pembahasan antara eksekutif dan legislatf terkait realisasi APBD 2016, legislatif bahkan meminta beberapa poin untuk dialokasikan. Dan poin-poin itu yang kaitannya langsung dengan kebutuhan masyarakat. "Jawaban eksekutifkan gak bisa. Semuanya sudah teranggarakan. Tetapi kenyataannya SiLPA kan. Cukup besar lagi," tuturnya.
Diketahui, beberapa waktu lalu diberitakan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karawang, memprediksi SiLPA tahun anggaran 2016 sebesar Rp 314,6 miliar dari APBD sebesar Rp 3,902 triliun. Meski angka itu masih menunggu pemeriksaan dari BPK untuk kepastiannya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template