Camat Ultimatum Kades SPJ Rampung April - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Camat Ultimatum Kades SPJ Rampung April

Camat Ultimatum Kades SPJ Rampung April

Written By Mang Raka on Kamis, 23 Maret 2017 | 15.00.00

CIAMPEL, RAKA - Seluruh Desa yang ada di Kecamatan Ciampel diintrupsikan agar Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Alokasi Dana Desa, Dana Desa dan Bantuan Gubernur ditahun 2016 dapat tuntas dikerjakan hingga batas waktu diawal bulan April 2017 ini. Desakan agar disegerakannya pembuatan SPJ tersebut dikarenakan untuk pencairan dana yang diperuntukan dalam pembangunan desa diberbagai aspek bidang ditahun ini bisa dicairkan jika SPJ ditahun sebelumnya telah tuntas.
“Coba bagi desa-desa yang belum selesai pembuatan SPJ dana yang diberikan ke desa, untuk segera diselesaikan. Karena kalau tidak selesai maka untuk anggaran di tahun ini tidak akan bisa tercairkan,” ujar Agus Sugiono, Camat Ciampel, saat Rapat Minggon Kecamatan yang diselengarakannya di Aula Kecamatan, Rabu (22/3) pukul 14.00 Wib.
Bahkan agus menegaskan, penyelesaian SPJ tersebut harus tuntas dengan batas akhir yang ditentukan. Sehingga, seluruh Kepala Desa untuk segera menyelesaikannya. “Saya batasi waktu hingga awal April, maka mau tidak mau seluruh aparat harus bekerja maksimal biar pengerjaannya selesai,” katanya.
Selama ini, singgung dia, berbagai bentuk alibi yang dilontarkan para aparat Desa dalam persoalan pembuatan SPJ tersebut bermunculan dengan berbagai alasan. Hal tersebut meski adanya sikap tegas yang diberikan. “Pasti alasan yang kalau belum selesai itu macam macam, ada yang bilang lagi di print ada lagi sedang disampul dan lain lain, tapi untuk sekarang tidak mau tahu, harus tuntas di awal bulan april,” tegasnya.
Karena, lanjut dia, kalau tidak dilakukan desakan yang diberikan terhadap seluruh aparat desa yang ada proses pengerjaan akan terus menerus mengalami keterlambatan. Sehingga hal tersebut berdampak terhadap pencairan anggaran Desa di tahun ini. “Soalnya, kalau tidak didesak nanti pencairan ditahun ini akan terhambat. Itu padahal sangat perlu sekali dalam penunjang pembangunan desa diwilayahnya masing masing,” ucapnya.
Diruangan yang sama, Kades Mulya Sejati Jumadi menanggapi, meski saat ini persoalan SPJ dana Desa dan dana dana yang didapatkan desa tidak sedikit desa yang tuntas mengerjakannya. Akan tetapi, hal tersebut tidak hampir merata seluruh desa mengalami keterlambatan pembuatan SPJ. “Tapi  untuk pembuatan SPJ itu kan tinggal hanya 3 desa lagi, jadi kalau ingin dana desa cair  untuk tahun ini maka benar harus desak Bendahara desanya biar pembuatan SPJ segera diselesaikan,” ujarnya.
Dia menambahkan, untuk meningkatkan kinerja seluruh aparat desa yang ada diwilayahnya. Maka sikap ketegasan meski dibutuhkan, agar nantinya kinerja dapat lebih dimaksimalkan. “Memang harus dibatasi biar persoalan SPJ bisa teratasi,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Wah...sebentar lg ada kepala desa yg di panggil kpk nih krn laporan lpj nya banyak yg bodong mknya telat

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template