Baru 20 Desa Miliki BUMDes - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Baru 20 Desa Miliki BUMDes

Baru 20 Desa Miliki BUMDes

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Maret 2017 | 16.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sudah mulai dijalankan oleh sejumlah desa yang ada di Purwakarta. Seperti di Desa Bojong Barat, Kecamatan Bojong. Di desa tersebut, BUMDes sudah berjalan sekitar dua tahun. Untuk pendapatan bersih pertahun, BUMDes di desa setempat mencapai 160 juta.
Ketua BUMDes Desa Bojong Barat, Gio S Iskandar mengatakan, pendapatan yang masuk dalam BUMDes diperoleh dari beberapa item. Mulai dari pasar desa, retribusi sampah, pengolahan air bersih, simpan pinjam dan bank desa sampai pelayanan umum. “BUMDes jadi program prioritas Kementrian Desa tahun ini. Makanya, kita mengoptimalkan dalam upaya membantu pendapatan asli desa (PADes)” kata Gio, kemarin.
Dia mengatakan, pendapatan laba bersih BUMDes ini, dipersentasikan sebagian untuk PADes. Untuk jumlah presentasinya, lanjut dia, disesuaikan dalam ketentuan yang tercantum dalam Anggran Dasar dan Anggran Rumah tangga (AD/ART) BUMDes. "Ada ketentuannya. Itu disesuaikan," singkat dia.
Sementara, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (PED) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Purwakarta, Neng Siti Nuryani mengatakan, Purwakarta sampai saat ini baru 20 BUMDes yang sudah berjalan. Jumlah BUMDes tersebut tersebar di daerah di Purwakarta. "Untuk desa yang belum, kami dorong untuk merampungkan BUMDes di tahun ini," kata dia.
Menurutnya, pengelolaan anggran hasil BUMDes hingga saat ini masih mengacu pada Permendesa No 4 tahun 2015 tentang desa. Dan penglolaan hasil BUMDes secara terperinci diatur pada AD/ART BUMDes di masing-masing desa. Untuk pembuatan ketentuan AD/ART BUMDes ini, sambung dia, dihasilkan dari kesepakatan yang dibuat oleh Bamusdes, perangkat desa dan pengurus BUMDes. PADes yang diserap oleh desa, diperuntukan pada pembangunan desa, pembayaran honor prangkat desa, dan bisa saja untuk simpan pinjam. "Karena untuk peruntukan PADes sendiri itu sudah diatur dalam Permendagri nomor 113 Tahun 2014. Dan kami akan terus mendorong desa-desa untuk membuat BUMDes tahun ini," pungkasnya. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template