Ada Razia, Pengendara Motor Ngumpet - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ada Razia, Pengendara Motor Ngumpet

Ada Razia, Pengendara Motor Ngumpet

Written By ayah satria on Kamis, 02 Maret 2017 | 17.13.00

KLARI, RAKA – Puluhan pengendara nekat melawan arus untuk menghindari operasi gabungan yang dilakukan Polres Karawang dan Polsek Klari di perlintasan Jalan Raya Klari, Rabu (1/3). Razia yang terpusat di halaman Kecamatan Klari terkait penelusuran kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang.
Bahkan demi mengelabuhi petugas tidak sedikit pengendara berpura-pura jajan di warung yang berada dipinggir jalan di sepanjang perlintasan tersebut. “Saya terpaksa berhenti diwarung karena tiba-tiba ada rajia polisi, jadi ya mau tidak mau meski menunggu sampai beres rajianya,” ujar Idris, Warga Pasar Rebo, Kabupaten Purwakarta saat melintasi wilayah Klari untuk berangkat Kerja ke wilayah Cikarang.
Bahkan, saat Radar karawang menyinggung aksi mengelabui aparat petugas rajia disebabkan, kendaraan yang digunakannya tidak disertai dengan surat –surat kendaraan yang tidak lengkap. Mengharuskannya berdiam diri berpura-pura jajan. Dirinya menepis, persoalannya bukan karena surat kendaraan yang tidak lengkap. Namun enggan berurusan dengan pihak kepolisian. “Ah bukan karena surat kendaraan saya tidak lengkap, cuman males saja urusan sama polisi, suka ada saja cari cari kesalahan kami,” cetusnya.
Ipda Wahyu Kurniawan, Kanitur Jawali sekaligus kordinator operasi gabungan yang dilakukannya dengan Samsat Kabupaten Karawang dan Polsek Klari, ketika dikonfirmasi banyaknya pengendara motor dan mobil yang melawan arus agar dapat lolos dari operasi tersebut, tidak ditampiknya. Bahkan ia membenarkan, saat dilakukannya operasi tersebut tidak sedikit pengendara yang secara tiba-tiba berhenti mendadak dan memutar arah.
Meski demikian, walau banyak pengendara yang berbalik arah. Hal tersebut tidak dilakukan upaya pengejaran, karena dikhawatirkan dapat menjadi potensi kecelakaan terjadi. “Memang pas kami gelar operasi gabungan dalam rangka menertibkan kendaraan R2 dan R4, kebanyakan untuk pengendara R2 itu, melawan arus. Kami tidak mengejarnya karena takut membahayakan keselamatan mereka karena melawan arus lalulintas,” terang dia.
Ia melanjutkan, meski banyak pengendara yang mengelabui petugas saat menjalankan operasi tersebut, setidaknya 49 surat tilang kendaraan berhasil dikeluarkan. Hal tersebut merupakan hasil operasi gabungan dalam penertiban kendaraan untuk mendaftarkan ulang pajaknya. “Hasil rajia hari ini, di wilayah Klari, sebanyak 49 surat tilang yang keluar. Dari proses pelaksanaan, tidak ada temuan yang mencurigakan, para pengendara yang berhasil terjaring lancar dan aman, “ katanya.
Bahkan, ia menyampaikan, meski tidak sedikit petugasnya nyaris menjadi korban kecelakaan. Hal tersebut dikarenakan saat dilakukan pemberhentian para pengendara motor. Sedikitnya yang nekad menerobos hadangan petugasnya. “Meski hampir berapa kali petugas  saya mau ditabrak pengendara , tapi sejauh ini kegiatan operasi gabungan lancar. Untuk kendaraan mobil tidak ada surat tilang yang keluar,” jelasnya.
Dilokasi yang sama, Kasie Samsat Kabupaten Karawang, Ayi Jaelani, mengatakan, operasi gabungan yang dilakukan Polres Karawang dibantu aparat Polsek setempat bekerjasama dalam menertibkan para pengendara untuk dapat membayar pajak kendaraannya, berhasil menuai hasil yang memuaskan.  “Sekarang operasi gabungan dalam penertiban kendaraan roda dua dan roda empat ke tujuh kalinya, untuk operasi tertibkan pajak kendaraan ini, dilakukan selama 4 kali dalam setahunnya, melakukan rajia gabungan seperti ini,” paparnya.
Karena, dengan adanya operasi gabungan yang dilakukan pihak kepolisian di tingkat Polres hingga sektor wilayah, menjadikan upaya pembayaran pajak kendaraan mengalami peningkatan yang signifikan ditahun ini.  Hal tersebut selain sebagai bentuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat mengenai kewajibannya. “Jadi jika masyarakat yang tidak bisa langsung membayar pajak ditempat yang sudah kami sediakan saat operasi ini. Kami berikan pon surat keterangan, itu berpungsi untuk memberikan kepastian dari warga kapan membayar pajak kendaraannya. Jadi tidak meski hari ini juga, kami mencoba untuk memudahkan warga sebenarnya,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template