154 Praja STPDN Disebar di Sembilan Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 154 Praja STPDN Disebar di Sembilan Desa

154 Praja STPDN Disebar di Sembilan Desa

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Maret 2017 | 16.00.00

TEGALWARU, RAKA - Kecamatan Tegalwaru menggelar upacara penerimaan taruna Sekolah STPDN, sebagai tempat praktek kerja lapangan (PKL) bagi praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Jatinangor, Bandung. Kegiatan akan berlangsung mulai 17 Maret dan berakhir 2 April mendatang.

Kedatangan praja IPDN diterima Plt.Camat Tegalwaru H.Udin Samsudin.SH, ditandai dengan upacara penandatanganan kerjasama antara Taruna STPDN dengan pemerintah kecamatan Tegalwaru. PKL itu diikuti 154 praja, terdiri dari 103 nindya praja dan 51 madya praja program studi pemerintahan daerah.
Plt Camat Tegalwaru meminta para praja dapat memaksimalkan waktu dan kesempatan mereka untuk menimba ilmu dan pengalaman dari kegiatan praktik kerja lapangan. Sekaligus menerapkan materi yang selama ini mereka pelajari di kampus. Ia juga berpesan agar praja IPDN yang melaksanakan praktik kerja lapangan bisa memberikan sumbangsih dan mampu memberikan kinerja yang baik di instansi tempat bekerja nantinya. “Maksud dan tujuan dilaksanakan praktek kerja lapangan ini adalah untuk memperkenalkan dan mendekatkan peserta didik praja IPDN terhadap pelaksanaan penyelengaraan pemerintahan daerah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan dan pelayanan masyarakat di kelurahan maupun di desa,” katanya.
Dalam praktek kerja lapangan tersebut, para nindya praja akan disebar di sembilan desa yaitu di Desa Mekarbuana sebanyak 15 orang Desa Cintawargi 10 orang,Desa Kutamaneuh 10 orang, Desa Cipurwasari 10 orang, Desa Kutalanggeng 10 orang, Cintalaksana 10 orang, Desa Cigunungsari 10 orang, Desa Cintalanggeng 10 orang Dan Wargasetra sebanyak 10 orang. Sedangkan madya praja akan ditempatkan di empat desa desa yaitu Desa Mekarbuana sebanyak 5 orang dan Desa Cintalaksana sebanyak 10 orang,Dan desa Cipurwasari sebanyak 10 orang juga di Desa Kutamaneuh sebanyak 6 orang.
Menurut Udin, program kerja yang akan dilaksanakan para praja IPDN di lapangan, antara lain aplikasi berbagai pemerintahan dalam bidang pembangunan kemasyarakatan dan pelayanan umum. Para praja juga akan melaksanakan program teknologi tepat guna pada bidang penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan penyelenggaraan kemasyarakatan. “Sedangkan program khusus praja IPDN berkaitan langsung dengan pemerintahan daerah, meliputi bidang pengenalan dan pendalaman pengelolaan keuangan desa, pendalaman sistematika dan materi dokumen keuangan di desa, praktik penata keuangan desa, serta menyelesaikan permasalahan keuangan desa,” jelasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template