Warga Khawatir Jembatan Cilalawi Amblas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Khawatir Jembatan Cilalawi Amblas

Warga Khawatir Jembatan Cilalawi Amblas

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Februari 2017 | 17.00.00

- Rusak Sering Dilintasi Truk

PURWAKARTA,RAKA - Akibat pengalihan Jalur Tol Cipularang ke Jalur arteri Purwakarta. Selain Jembatan Cilampahan (Ciganea) di Desa Mekargalih Kecamatan Jatiluhur. Kerusakan yang cukup serius juga terjadi di Jembatan Cilalawi di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani. Kondisi tersebut, setelah hampir dua bulan dilalui kendaraan berat imbas pengalihan kendaraan di Tol Cipularang dari GT Jatiluhur dan Cikamuning.
Dari pantauan Radar Karawang, sejumlah warga Desa Cilalawi terlihat sedang melakukan penambalan badan jalan di sekitar jembatan dengan bahan dan peralatan seadanya. "Kita sengaja menambal jembatan dengan alat seadanya, karena jika tidak dilakukan perbaikan takutnya rusaknya makin parah," kata Hendra (32), salah satu warga setempat, Kamis (2/2).
Di tempat lain, terlihat badan jalan sekitar Jembatan Cilampahan Ciganea sudah dipenuhi lubang lebar. Beberapa aspal jalan bergelombang dan mengelupas. Informasi yang dihimpun, kondisi badan jalan jembatan sejak pengalihan kendaraan berat di Tol Cipularang di GT Jatiluhur dan Cikamuning. "Ini rusaknya sejak banyak kendaraan berat lewat sini saja," ujar Ending (46), warga setempat.
Ending dan lima rekannya yang juga warga setempat, sejak sepekan terakhir menghimpun dana alias ngencleng dari para pengendara yang melintas. Uang yang didapat dibelikan material pasir untuk menambal jalan. "Kemarin sempat di aspal sama dinas bina marga, tapi aspalnya kembali mengelupas dan kembali berlubang," ujar dia.
Ia dan rekan-rekannya mengkhawatirkan jembatan tersebut amblas, mengingat setiap hari selama 24 jam jembatan dilalui kendaraan berat berbagai jenis. Ditambah lagi, kekhawatiran terjadi kecelakaan lalu lintas bagi pengendara roda dua. "Takutnya amblas pak, dulu sebelum ada pengalihan mah jembatannya mulus-mulus saja. Lalu kami juga khawatir kalau jalan bolong pas malam pengendara roda dua jatuh disini," ujar Maman (46), warga lainnya.
Di tempat terpisah, Kepala Dinas Bina Marga Purwakarta Budi Supriyadi menambahkan, jembatan dan jalan tersebut berstatus jalan nasional. Ia sudah mengintruksikan stafnya untuk meninjau kerusakan jembatan. "Sudah dicek dan kami sudah laporkan ke Balai Jalan Nasional untuk ditindaklanjuti, biar dari mereka yang ngecek kondisi jembatan seperti apa karena status jalan itu jalan nasional," ujar Budi.
Budi tidak memungkiri kerusakan jembatan karena tingginya volume kendaraan berat yang melintasi jalur lama Purwakarta. Pemkab Purwakarta juga khawatir jembatan amblas. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template