Tim Saber Kantongi Nama Pelaku Pungli - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Tim Saber Kantongi Nama Pelaku Pungli

Tim Saber Kantongi Nama Pelaku Pungli

Written By Mang Raka on Senin, 20 Februari 2017 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Karawang mengaku sudah mengantongi nama-nama yang diduga melakukan pungli. Mereka adalah para pelayan publik yang dinilai mengambil keuntungan dari masyarakat, atas jabatan yang diembannya.
Setelah tuntas menata sekretariat, Tim Saber Pungli yang gawangi oleh Kompol Irwansyah, akan mulai bergerak menindaklanjuti banyaknya laporan pungli. "Saat ini sedang pembenahan sekretariat. Setelah itu, kami akan segera bergerak," ujarnya kepada Radar Karawang.
Lebih lanjut dia menyampaikan, jumlah laporan yang sudah masuk belum bisa disampaikan kepada publik. Tetapi di waktu yang tepat, pihaknya berjanji akan merilis berapa jumlah laporan yang masuk tersebut. "Untuk jumlahnya berapa, nanti kami akan rilis itu," ujar polisi yang juga menjabat sebagai Wakapolres Karawang itu.
Saat ini Satgas Saber Pungli masih menerima masukan dari berbagai pihak, untuk memastikan dan mempermudah bagaimana tim yang dikomandoinya bisa menjalankan tugas dengan baik. Diantaranya pada Jumat (17/2) kemarin, pihaknya menerima tamu dari perwakilan Apdesi di Mapolres Karawang. "Saat ini langkah kami masih pada tahap preventif. Menerima masukan-masukan dari berbagai pihak. Jika yang tidak ada aturannya, maka harus dikaji dulu. Berbeda dengan yang aturannya sudah jelas, pelanggarannya juga tentunya jelas," paparnya.
Dikatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menindaklanjuti hasil pertemuan dengan perwakilan para kepala desa. "Kita sudah lakukan audiensi dengan Apdesi. Dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi ke semua kades dan lurah," ujarnya.
Dia mengakui meski sudah dibentuk Tim Saber Pungli sejak pertengahan Januari 2017, masih belum berjalan optimal. Karena kantor atau sekretariat yang seharusnya menjadi tempat koordinasi masih belum ada. Sementara ini kantor Tim Saber Pungli bertempat di Kesbangpol. "Sekretariatnya kan belum ada. Jadi kurang optimal. Karena saberkan melibatkan berbagai pihak," ujarnya.
Agar Tim Satgas Saber Pungli bisa menjalankan tugasnya dengan baik, dia meminta semua pihak bisa membantu, terutama masyarakat sipil. Karena mereka biasanya yang menjadi korban perbuatan oknum pejabat, yang melakukan pungkutan liar.  "Himbauan kepada masyarakat Karawang, agar dapat membantu kami. Laporkan kepada kami, jika disitu ada pungutan liar. Agar kami bisa tindaklanjuti," ujarnya.
Sementara Ketua Apdesi Kabupaten Karawang, Sukarya WK, menyampaikan, hasil dari audiensi antara perwakilan para kepala desa dari masing-masing kecamatan dengan Ketua Tim Satgas Saber Pungli pada Jumat kemarin, memastikan akan ada pertemuan tindak lanjut antara para kepala desa se-Kabupaten Karawang, Tim Saber Pungli dan beberapa OPD terkait. "Tanggal 23 (Februari) nanti akan ada pertemuan lanjutan. Kami mengundang semua kades se-Karawang. Kemudian Tim Saber Pungli, DPMPD, Inspektorat termasuk kejaksaan," ujar Sukarya.
Dalam pertemuan tersebut, dibahas bagaimana batasan-batasan yang masuk kategori pungli. Karena di desa ada potensi desa, potensi adat dan lain sebagainya. Sehingga jika tidak ada penyamaan persepsi, dikhawatirkan akan berdampak buruk pada pelayanan publik. "Saat ini kades-kades juga merasa bingung. Karena tidak tahu batasan-batasannya. Bisa saja di desa sebenarnya penggalian potensi desa. Tetapi masuk kategori pungli. Ini yang kami tidak mau yah," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template