Tiga Desa Diguyur Rp 1 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tiga Desa Diguyur Rp 1 Miliar

Tiga Desa Diguyur Rp 1 Miliar

Written By ayah satria on Sabtu, 11 Februari 2017 | 11.14.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Dampak dibekukannya dana alokasi umum terasa hingga desa. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Karawang mengurangi alokasi dana desa (ADD) dari Rp 161,3 miliar menjadi Rp 160,2 miliar
Selain itu, keinginan para kepala desa agar penghasilan tetap (siltap) naik, diprediksi tidak disetujui pemkab. Karena kinerja para kades dan perangkat desa dinilai belum optimal. Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, Budiman Achmad mengatakan, tahun ini ADD yang bersumber dari APBD diporsikan Rp 160,23 miliar. Pembagiannya tidak merata, tergantung dari jumlah penduduk, luas wilayah, kemiskinan dan geografisnya. Ia merinci, 251 desa diantaranya mendapatkan Rp 400-500 jutaan, 36 desa Rp 600-800 jutaan dan 10 desa Rp 800 juta-Rp 1,1 miliar. "Desa terendah mendapat ADD Rp 497 juta, dan tertinggi Rp 1,13 miliar," ungkapnya kepada Radar Karawang, Kamis (9/2) kemarin.
Budiman juga menyinggung soal keinginan para kades yang meminta siltapnya naik. Menurutnya itu tidak realistis. Karena merubah prilaku saja masih sulit. Kinerja maupun pelaporan administrasi ADD belum baik. Bahkan ia prihatin, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi merilis ada 3 kades yang bermasalah tahun ini. "ADD turun karena DAU juga turun, layak tidak siltap naik? Ini yang masih akan kita kaji, apakah menjamin siltap naik kinerjanya bagus," ujarnya.
Lebih jauh Budiman menambahkan, jika siltap bisa dinaikan akan ada konsekwensi. Terutama biaya pemberdayaan fisik skala kecil. Sebab, dalam kondisi keuangan normal, dana sisa pembangunan fisik Rp 77,3 juta. Di sisi lain, jika dinaikan siltapnya, menyedot anggaran dan menyisakan Rp 56 juta. "Jika siltap naik, apakah layak naik? Saya ajak hitung kembali," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template