Tanggal 15 Karyawan dan PNS Libur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tanggal 15 Karyawan dan PNS Libur

Tanggal 15 Karyawan dan PNS Libur

Written By Mang Raka on Selasa, 14 Februari 2017 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang melayangkan surat edaran kepada perusahaan-perusahaan terkait hari libur yang jatuh pada tanggal 15 februari 2017 mendatang. Karenanya, jika ada karyawan yang bekerja di hari libur harus dihitung masuk lembur.
"Kami sudah melayangkan surat edaran keperusahaan-perusahaan bahwa tanggal 15 merupakan hari libur," ujar Kadisnakertrans Karawang, H Ahmad Suroto, kepada RAKA, Senin (13/2). Surat edaran tersebut dibuat berdasarkan, keputusan presiden no 3 tahun 2017 tentang hari pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota sebagai hari libur nasional.
Sementara jika karyawan masuk pada tanggal 15 februari 2017, maka pengusaha harus mengatur waktu sedemikian rupa agar karyawan bisa melakukan pemungutan suara terlebih dahulu. Kemudian karyawan juga terhitung jam kerja lembur. Oleh karenanya hak-hak karyawan harus didapat sebagaimana aturan yang berlaku. "Memang Karawang dan jawa barat bukan termasuk daerah yang menggelar pilkada. Tetapi yang kerja di karawangkan bukan hanya warga karawang. Kayak bekasi, disanakan ada pilkada. Makanya kalau yang masuk dihari libur harus terhitung lembur," ujarnya.Dia menyampaikan, surat edarannya sudah disebar keperusahaan-perusahaan, ada yang melalui Apindo, ada yang melalui pengelola kawasan ada juga yang melalui para petugas Disnaker yang ditugaskan, termasuk ada yang melalui email. "Kalau yang sudah-sudah, para pengusaha mengikuti aturan pemerintah. Insya allah untuk tanggal 15 nanti, mereka (Pengusaha) juga akan mengikuti aturan yang ada," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, jika ada perusahaan yang membandel, maka karyawan atau buruh dipersilahkan membuat aduan ke Disnaker Karawang agar kemudian pihaknya menindaklanjuti aduan tersebut. Dengan demikian, para pengusaha dan karyawan bisa mengikuti aturan yang diberlakukan oleh pemerintah. "Kalau ada yang kerja pada hari libur nanti, terus hitungannya gak lembur. Silahkan datang kesini. Biar kami bisa tindaklanjuti," ujarnya.
Begitu juga Pegawai yang bekerja di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Karawang, pada tanggal 15 februari 2017 besok merupakan hari libur bagi mereka. Hal itu sesuai dengan surat edaran Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Teddy Rusfendi Sutisna no 851 / 674 / BKPSDM / II / 2017. "Benar sesuai surat edaran Sekda, pegawai (dilingkungan pemda karawang) libur," ujar Sekretaris BKPSDM, Asep Aang.
Dia menyampaikan, dalam surat edaran Sekda yang ditunjukan kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, dituliskan agar Kepala OPD yang perangkat daerahnya berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, luas, diantaranya Rumah Sakit, Puskesmas, Telekomunikasi, Listri, Air Minum, Pemadam Kebakaran, Keamanan dan Ketertiban, Laluintas dan unit pelayanan yang sejenis, maka Kepala OPD nya agar mengatur penugasan di hari libur tersebut. "Ini agar pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan dengan baik," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template