Sungai Cikaranggelam Harus Sering Dikeruk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sungai Cikaranggelam Harus Sering Dikeruk

Sungai Cikaranggelam Harus Sering Dikeruk

Written By Mang Raka on Sabtu, 25 Februari 2017 | 16.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Mengatasi banjir rutin akibat luapan Sungai Cikaranggelam perlu cara jitu. Tidak bisa asal. Satu cara yang sedang dilakukan Pemerintah Desa Dawuan Tengah adalah mengeruk sampah di titik perbatasan desa yang dilintasi sungai tersebut.
Kepala Desa Dawuan Tengah, Jejen Jaenal Arifin ST mengatakan, pihaknya telah berusa maksimal untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan dari luapan Sungai Cikaranggelam. Tahun ini, dia akan menurap tiap perbatasan desa, meliputi Desa Kamojing, Desa Cikampek Timur, Cikampek Pusaka, dan Cikampek Selatan. "Di bulan ini saya sudah dua kali kerja bakti bersama warga untuk mengangkut sampah," ucapnya kepada Radar Karawang, Jumat (24/2) kemarin.
Ia juga mengatakan, pihaknya telah berkali-kali berkordinasi dengan desa lain yang dilintasi Sungai Cikaranggelam, agar mengawasi warganya tidak membuang sampah ke sungai. Karena jika sungai tersumbat, yang menjadi korban adalah warga Desa Dawuan Tengah. "Kita bekerja sama dengan BBWS dan PJT II, buat pengangkutan limbah di sungai. Karena harus menggunakan alat berat," ucapnya.
Ia berharap, tahun ini persoalan sungai segera teratasi, sekalipun hal itu tidak akan mudah untuk ditangani. "Dampak limbah pabrik sangat tinggi, tiap perusahaan diwajibkan memberikan CSR air bersih," ucapnya.
Warga Dawuan Tengah, Euis Nafisah (63) mengatakan, dirinya mengapresiasi dengan kinerja pemerintahan setempat. Pasalnya di tahun sebelum-sebelumnya persoalan Sungai Cikaranggelam sering terbaikan. Mulai dari dampak yang ditimbulkan, seperti air yang bau, serta banjir saat musim hujan tiba. "Alhamdulillah saat ini persoalan Cikaranggelam yang biasanya suka banjir, sekarang sudah tidak ada karena suka dikerukin," ucapnya. (mg2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template