Sinetron Ubah Hidup Remaja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Sinetron Ubah Hidup Remaja

Sinetron Ubah Hidup Remaja

Written By Mang Raka on Rabu, 22 Februari 2017 | 15.00.00

Kotabaru Rawan Mesum dan Geng Motor

KOTABARU, RAKA - Orangtua harus optimal mengawasi putra-putrinya, pasalnya banyak hal negatif dari tayangan televisi serta handphone.
Ustad Abdul Kohar (40) warga Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru mengatakan, tidak sedikit tayangan televisi menipu para orangtua. Tapi isinya tidak mendidik. "Pengawasan orangtua perlu maksimal, tayangan televisi kadang ada yang baik buat anak, ada juga yang tidak perlu untuk diketahui," ucapnya kepada Radar Karawang, Selasa (21/2) kemarin.
Dirinya selalu menjadwalkan anak didiknya melihat tayangan yang sekiranya baik untuk ditonton. Karena tontonan akan mempengaruhi karakter dan perkembangan anak. "Intinya pengawasan orangtua harus maksimal," ucapnya.
Siswa SDN Cikampek Utara I, M Habibi (11) mengatakan, tidak semua tayangan televisi ditontonnya. Hanya yang baik-baik saja. "Pesan ayah saya begitu," tuturnya.
Guru SDN Wancimekar IV, Hj Siti Hodijah S,Pd selalu berpesan kepada anak didiknya, agar bisa menyaring apa saja yang telah ditontonnya. "Orangtua harus waspada, mengawasi anak agar disiplin dalam nontonan yang sesuai dengan usianya," ucapnya.
Ia juga mengatakan, tidak sedikit akibat tontonan yang tidak baik, banyak anak yang terjerumus kepada hal negatif seperti jadi anggota geng motor, atau berbuat mesum. "Sekarang anak-anak sudah pegang HP, pengawasan orangtua harus ekstra," pesannya.
Sedangkan Kepala SMA Korpri Karawang, Asep Sahrul Fatoni S.Pd mengatakan, jika tontonan mendidik, bagus bagi anak dan orangtua. Tapi jika tidak baik, mesti jadi pelajaran bagi orangtua. "Anak harus lebih diawasi. Intinya peran orangtua sangat penting," ujarnya.
Guru Bahasa Indonesia SMA Korpri, Qiyanto S.Pd mengatakan, tontonan tayangan televisi bisa mempengaruhi karakter anak. Mulai dari ucapan, banyak yang tidak pantas sering dilontarkan dalam tayangan TV. Lalu sikap atau perilaku seseorang ketika mereka menonton tayangan kekerasan, anak akan menirunya. "Namanya juga anak, apa yang dilihat dan didengar pasti mereka lakukan," tuturnya.
Sedangkan guru PGRI 2 Karawang, Eko Purnomo S.PdI mengatakan, banyak tontonan yang tidak baik disuguhkan lewat tayangan televisi. Seperti sinetron. "Upaya kita lebih sibukan anak dengan kegiatan yang positif. Misalnya kembali jalankan budaya mengaji di waktu magrib dan malam, atau kegiatan apapun itu asalkan positif," tuturnya. (mg2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template