Sidang Petani Telukjambe Masuk Tahap Pledoi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sidang Petani Telukjambe Masuk Tahap Pledoi

Sidang Petani Telukjambe Masuk Tahap Pledoi

Written By ayah satria on Selasa, 28 Februari 2017 | 13.34.00

KARAWANG, RAKA - Isak tangis mewarnai suasana sidang enam petani yang menjadi terdakwa dugaan kriminalisasi oleh PT Pertiwi Lestari. Tangisan tersebut pecah saat satu-persatu terdakwa membacakan pledoi dihadapan majelis hakim, Senin (27/2).
Sepanjang agenda sidang pledoi berlangsung, tidak hanya terdakwa yang menangis saat membaca naskah pledoi. Termasuk keluarga yang hadir di ruang sidang Kusuma Atmadja juga ikut menangis. Dalam pledoinya, mereka memohon kepada majelis hakim baik secara lisan maupun tulisan (isi peldoi) agar, bahwa mereka merupakan para petani yang kehidupannya sangat terbatas, bukan pelaku kriminal.
Pledoi sebanyak 54 lembar yang berjudul stop kriminalisasi petani bahwa petani pejuang sosial bukan kriminal, yang disusun oleh tim advokasi petani karawang yaitu YLBHI, LBH JAKARTA, LBH BANDUNG, LBH GMBI, LBH KAHMI, STN, KONTRAS, SEPETAK, BM PAN. Atas nama terdakwa Sdr. Ahmad Sulaeman Als Obon Bin Husen, Sdr. Ate bin Engkar, Sdr Oman bin Rahmat, Sdr Usep bin Yatin , Sdr Raman Suparman als Rasman, dan Sdr Juri bin Mahori. Dalam perkara nomor 551/Pid.B/2016/PN Kwg. Dan atas dasar tuntutan jaksa penuntut umum No Reg. Perkara PDM-565/KRWNG/12/2016.
Menurut Kuasa Hukum ke eman petani tersebut, Ari, melihat ketiga hakim yang mempimpin agenda sidang pledoi petani Blok Kutatandingan secara prosedur hakim berjalan normatif dalam menjalankan persidangan. "Tapi kita melihat perspektip hakim patut kita telaah lebih dalam," ujar Ari yang berasal dari LBH Bandung itu.
Meskipun petani sudah pasti akan dijatuhkan vonis sesuai dengan tuntutanya. Akan tetapi, Kuasa hukum berpandangan hakim akan tidak terlalu berat dalam memvonis. "Meskipun kita sadar betul sudah pasti hakim akan menghukum mereka. Tapi sekali lagi mereka bukan pelaku kriminal," ujarnya.
Pantauan dilapangan, selain dari keluarga terdakwa yang hadir dalam persidangan, turut hadir juga puluhan anggota ormas BPPKB Banten Karawang di PN Karawang. (zie)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template