Sepekan ini Sudah Ribuan Korban Banjir Mengungsi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sepekan ini Sudah Ribuan Korban Banjir Mengungsi

Sepekan ini Sudah Ribuan Korban Banjir Mengungsi

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Februari 2017 | 12.00.00

KARAWANG,RAKA - Intensitas hujan yang terus mengguyur Kabupaten Karawang dalam sepekan  terakhir mengakibatkan sejumlah wilayah tergenang banjir. Hingga Jumat (17/2) sore kemarin tercatat sedikitnya 3.057 jiwa warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman  dan ribuan hektar lahan pertanian terendam banjir di tiga kecamatan.

"Kami masih siaga untuk melakukan evakuasi jika hujan masih terus turun. Pasalnya jika hujan belum juga berhenti banjir pasti akan meluas hingga ke wilayah lain." kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD), Supriatna.
Banjir yang menimpa warga tersebut akibat meluapnya sungai Cibeet , Citarum dan sungai Cibulan-bulan. Warga  Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat malah sudah mengungsi sejak Kamis(16/2) lalu setelah sungai cibeet kembali meluap. Sedangkan warga  Desa Rengasdengklok Utara dan  Rengasdengklok Selatan Kecamatan Rengasdengklok mengungsi karena luapan sungai Citarum. Desa  Lemahduhur Kecamatan Tempuran banjir akibat meluapnya sungai Cibulan-bulan. " Ada 4 desa di 3 kecamatan yang kondisinya cukup parah hingga saat ini masih kita pantau terus perkembangannya." terang Supriatna.
Saat ini, kata Supriatna, tercatat sebanyak 702 jiwa warga Karangligar mengungsi di posko pengungsian maupun di rumah-rumah warga lainnya. Sedangkan di Rengasdengklok Utara sebanyak  722 jiwa dan Rengasdengklok Selatan sebanyak 1653 jiwa . Kemudian di Desa Lemahduhur Kecamatan Tempuran 204 jiwa. "Saat ini mereka sudah kita evakuasi dan mengungsi di Posko pengungsian dan sebagian lagi mengungsi kerumah keluarganya yang tidak terdampak banjir," jelasnya.
Dikatakannya,  ketinggian banjir di keempat desa tersebut termasuk diareal persawahan sangat variatif mulai dari  30 hingga  100 cm . Khusus untuk luas sawah yang terendam banjir, sambung dia,  tercatat 1684 hektar  dengan rincian 854 hektar sawah yang sudah tanam  dan 830 hektar sawah yang masih di semai . "Ini baru data sementara yang kita dapat dari petugas yang melakukan pendataan. Kalau kondisinya masih hujan jumlah areal persawahan yang terendam bisa lebih banyak,"ungkapnya.
Bantuan  untuk  warga korban banjir, lanjut Supriatna,  sudah diberikan  baik berupa makanan, minuman, selimut maupun  tikar. Kemudian, untuk memudahkan Pemkab membantu pengungsi,  pihaknya sudah mendirikan dapur umum dan posko kesehatan. Meski kemudian banjir kembali surut pihaknya masih melakukan siaga banjir selama musim hujan belum habis. "Meski banjir sudah surut kita tetap standby di sejumlah titk rawn banjir karena kalau masih hujan banjir pasti terjadi lagi," pungkasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template