Sekdes Cilewo Jadi Plt Kades - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekdes Cilewo Jadi Plt Kades

Sekdes Cilewo Jadi Plt Kades

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Februari 2017 | 12.30.00

TELAGASARI, RAKA - Kisruh calon pelaksana (Plt) Kades Cilewo akhirnya berakhir. Kepala Desa Cilewo Komarudin ST, yang tersangkut kasus hukum resmi dinonaktifkan, sementara pejabat Sekretaris Desa Ahmad Syadzeli secara formal pula ditetapkan sebagasi Plt Kades Cilewo.

Hal itu berdasarkan surat keputusan Bupati Nomor 141.1/Kep.329-Huk/2017 tertanggal  11 Januari lalu. Melalui SK serupa, Sekdesnya yang tak lain Kakak Kandung Kades, Ahmad Syadzeli juga resmi menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kades sampai ada ketetapan hukum perkara yang mendera adik kandungnya tersebut. Selasa (14/2), disela-sela Minggon Kecamatan di Desa Pulosari, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bersama Muspika Kecamatan secara simbolis menyerahkan SK dan berita acara jabatan baru Plt Kades tersebut.
Kasie Pemerintahan Kecamatan Telagasari, Ayi Hidayat mengatakan,  prosesi pnyerahan SK sudah dilaksanakan disela-sela Minggon, disaksikan Ketua BPD dan Pejabat DPMD, Sekdes Cilewo Ahmad Syadeli resmi menjabat Plt sampai dengan ada ketetapan hukum atas kasus yang menimpa Kades Komarudin. Jika divonis bersalah dan pidana, maka akan dibentuk Pejabat Sementara untuk persiapan Pilkades musyawarah. Sbaliknya, jika kades divonis bebas, maka Komarudin berhak kembali menjabat Kades, tergantung pengadilan, sampai kapan kasus ini disidangkan hingga ada ketetapan hukum.
Dirinya juga mengingatkan, penetapan Sekdes menjadi Plt sudah sesuai regulasi yang ada, baik di UU Desa, PP maupun Perbup, betapapun sang Sekdes merupakan kakak kandung atau saudara dekat sekalipun, tidak ada klausul pengecualian, karena mutlak estafet kepemimpinan harus dijabat sementara oleh Sekdesnya. "Simbolisnya sudah kita serahkan SK nya, menonaktifkan Kades dan mengangkat Sekdes sebagai Plt sementara sampai ada ketentuan hukum," ujarnya.
Ayi berharap, dengan sudah ditetapkannya sekdes sebagai Plt, kiranya roda pemerintahan tetap berjalan normal untuk melayani masyarakat, tidak terganggu aktivitas apapun. Karena, meskipun menyandang status Plt tetap sama saja wewenang dan tugasnya. "Setelah diserahkan, ya berjalan saja lanjutkan pemerintahan dengan baik," harapnya.
Plt Camat Telagasari Hj. Yetty menghaturkan selamat atas tugas baru sekdes sebagai Plt Kades sementara, semoga saja administrasi, pelaporan dan tugas wewenangnya bisa membenahi segala sesuatunya. Karena, pada dasarnya, Kades dan status plt sekalipun, wewenangnya sama saja, baik soal pencairan anggaran yang membutuhkan tandatangan, maupun pertanggungjawaban lainnya. Kecuali sebut Yetty, tandatangan Akta Jual Beli (AJB) tanah. Dimana hal ini harus ditandatngani Kades yang definitif. "Selamat bekerja, tugas dan wewenang sama saja sebagai Kades walaupun Plt, kecuali tandatangan urusan tanah," pungkasnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template