SDN Palinggihan Punya Taman Literasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » SDN Palinggihan Punya Taman Literasi

SDN Palinggihan Punya Taman Literasi

Written By Mang Raka on Senin, 27 Februari 2017 | 16.00.00

- Satu-satunya di Kecamatan Plered

PLERED,RAKA - Untuk meningkatkan daya minat pelajar dalam membaca dan menulis, berbagai cara dilakukan pihak sekolah, salah satunya mengelar perlombaan antar kelas.
Namun berbeda yang dilakukan SDN Palinggihan Kecamatan Plered. Sekolah tersebut punya cara sendiri yaitu dengan membangun taman literasi di halaman sekolah.
Kepala SDN Palinggihan H. Sunarya, M.Pd mengatakan, pihaknya sengaja membangun taman air mancur literasi di lahan seluas 100 meter. Tujuanya, selain merangsang para siswa dalam giat membaca juga untuk memperindah lingkungan sekolah. "Untuk di Kecamatan Plered, hanya sekolah kami yang memiliki taman baca literasi ini," ujarnya, kepada Radar Karawang, kemarin.
Sunarya sengaja membangun di halaman depan perpustakaan sekolah itu, dengan tujuan agar pelajar dapat lebih rileks dan nyaman saat membaca buku serta menghilangkan rasa jenuh yang sering dialami siswa di kelas. "Sengaja kita bangun taman literasi berdampingan dengan ruang perpus, agar para siswa sebelum atau setelah membaca dengan mudah mengembalikan buku yang mereka sukai," jelas Ketua PGRI Kecamatan Plered itu.
Lebih lanjut ia mengatakan, kedepan wilayah taman juga akan dibangun bale lengkap dengan meja berukuran 30 cm untuk para siswa belajar di luar guna menghilangkan rasa jenuh yang mereka alami dalam kelas. "Di wilayah taman juga kita bangun bale yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM)," jelasnya.
Menurut Sunarya, budaya membaca sangatlah perlu ditingkatkan dengan berbagai upaya. Sehingga pengetahuan baik guru maupun siswa akan semakin berkembang. "Mudah-mudahan saja melalui taman literasi ini, minat maca warga sekolah terangsang dengan sendirinya," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template