Satpol PP Bekali Diri dengan Aikido - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satpol PP Bekali Diri dengan Aikido

Satpol PP Bekali Diri dengan Aikido

Written By Mang Raka on Kamis, 09 Februari 2017 | 11.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Sekitar 100 anggota satuan polisi pamong praja Kabupaten Karawang mengikuti latihan bela diri guna menjaga stamina. Kegiatan itu dilakukan di Markas Komando (Mako) Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang, Rabu (8/2).

Kepercayaaan diri seorang anggota Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menegakkan peraturan daerah dan peraturan bupati di lapangan perlu didukung dari semua segi termasuk memiliki bekal kemampuan bela diri, dan itu harus dilakukan secara rutin, teratur dan disiplin. Ketahanan fisik dan mental serta penguasaan bela diri anggota Satpol PP merupakan kebutuhan dalam melaksanakan tugas.
Hal ini yang mendasari Satpol PP Karawang dengan diadakannya kegiatan yng bisa meningkatkan kompetensi para anggota Satpol PP. “Pembekalan bela diri, insyaallah bermanfaat untuk anggota Satpol PP. Disisi lain karena tuntutan pekerjaan di lapangan yang kadang-kadang bersifat under pressure, penguasaan bela diri dapat menambah kepercayaan diri para anggota,” kata Kasat Pol PP, Drs H. Widjodjo GS.
Lebih lanjut Kabid Sumber Daya Aparatur Satpol PP, Saepul Muhtadin, mengatakan Kami menindaklanjutinya dengan mencari jenis bela diri yang cocok untuk para anggota, terutama bagi yang sudah dewasa. "Ini penting untuk menjaga keberlanjutan dan kenyamanan, sekaligus juga berfungsi sebagai olah raga rutin yang menjaga kesehatan, bukan malah membuat cidera ketika mereka latihan,” harapnya.
Dilanjutkannya, jenis bela diri Aikido  yang berasal dari Negara Jepang menjadi pilihan karena lebih cocok untuk usia dewasa, dimana gerakan atau jurus-jurusnya tidak ada benturan fisik dan juga bela diri ini tidak dipertandingkan. Artinya ketika latihan para anggota lebih banyak melakukan gerakan antisipasi untuk menaklukan atau mengunci lawan, tidak melakukan serangan yang mengharuskan adanya pukulan atau tendangan ke anggota tubuh lawan.
Kegiatan ini dilaksanakan setiap pekan, di hari Jum’at, dengan Sensei atau instruktur H. Handrianto dari Perguruan - Dojo Alami Karawang. Dan Latihan Aikido dimulai bulan Februari 2016 dengan peserta latihan untuk angkatan pertama sebanyak 16 orang. Dengan harapan untuk angkatan berikutnya lebih banyak lagi peserta dari anggota yang bisa berpartisipasi. (yfn)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template