Rieke Ajari Siswa Tentang Kebangsaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rieke Ajari Siswa Tentang Kebangsaan

Rieke Ajari Siswa Tentang Kebangsaan

Written By Mang Raka on Senin, 20 Februari 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, meminta agar pelajar karawang serius memahami empat pilar kebangsaan. Karenanya Sabtu (18/2) kemarin, Rieke melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada para peserta didik SMK Tri Mitra Kotabaru.

"Para pelajar harus memahami dan menghayati Pancasila dengan mengamalkannya dalam kehidupan sehari - hari, agar nilai - nilai persatuan dan kesatuan tumbuh di kalangan para pelajar," ujar Rieke.
Menurutnya, negara Indonesia dibangun atas dasar kebangsaan, sehingga tetap kokoh sampai sekarang. Pasalnya, para pendiri negeri ini sudah sepakat dengan berbagai suku, agama, budaya, dan ras tetap berada dalam bingkai NKRI. "Begitu luhur para pendiri bangsa untuk menyatukan perbedaan dalam kebhinekaan. Sehingga NKRI tetap kuat," ujarnya.
Dia menyampaikan, dengan adanya media sosial yang kini digandrungi seluruh kalangan pelajar dan rakyat Indonesia, seharusnya dapat dijadikan sebagai alat perekat bangsa. Bukan malah sebaliknya, dijadikan alat untuk menebar kebencian, fitnah, sentimen kesukuan, agama, dan ras. "Dulu sebelum Indonesia merdeka tidak ada medsos tapi tetap terjalin komunikasi yang baik antara para pejuang. Sehingga bingkai NKRI kokoh dalam persatuan dan kesatuan. Tapi sekarang gampang sekali terjadinya konflik antara anak bangsa," ujar politisi PDI Perjuangan itu.
Sementara itu, Anggota DPRD Karawang yang turut mendapingi Rieke Diah Pitaloka, Elievia Khrissiana, ST, mengajak kepada para peserta didik untuk memahami empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI. "Mengapa Pancasila diangkat sebagai pilar bangsa Indonesia. Perlu dasar pemikiran yang kuat untuk diterima oleh seluruh warga bangsa. Mengapa menetapkan Pancasila sebagai base kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan ini juga harus dipahami oleh seluruh para pelajar dan komponen anak bangsa," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, pilar atau tiang penyangga suatu bangunan harus memenuhi syarat diantaranya harus kokoh dan proporsional, sesuai dengan bangunan yang disangganya. Empat pilar kebangsaan ini sudah sangat sesuai dengan suasana kebatinan, dan suasana sosial kemasyarakatan bangsa indonesia. "Oleh karenanya, mulai sejak dini empat pilar kebangsaan ini harus dipahami, agar generasi muda bisa memberikan yang terbaik untuk negeri ini," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template