Regulasi Syarat Peserta Lelang Disusulkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Regulasi Syarat Peserta Lelang Disusulkan

Regulasi Syarat Peserta Lelang Disusulkan

Written By Mang Raka on Jumat, 24 Februari 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah daerah Kabupaten Karawang diminta untuk memberikan syarat terlebih dahulu kepada para pengusaha/perusahaan yang akan mengikuti lelang pasar. Hal itu dilakukan agar hasil lelang nanti benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

"Kita tahu, pola BOT yang selama ini dilakukan oleh pemda Karawang dalam menggait investor untuk membangun pasar tidak memberikan kebaikan yang signifikan untuk pemda Karawang," ujar Dosen STIE Budi Pertiwi Karawang, Ahmad Hadibrata,SE,MM, kepada RAKA, Kamis (23/2).
Oleh karenanya harus diatur dan dibuat sedemikian rupa peraturan dan mekanismenya. Bahkan mulai dari awal proses sebelum lelang, saat lelang sampai pada penetapan pemenang. "Pengusaha harus berkomitmen dengan pemda agar siap membangun danpa ada ekses. Maka harus ada pengecekan kekuatan keuangan terlebih dahulu sebelum ikut lelang," ujarnya.
Hal senada disampaikan oleh tokoh masyarakat Karawang, Uja Sujana, menurutnya, proses pra lelang memang harus diadakan. Dia mencontohkan dengan dilakukannya MoU terlebih dahulu. Bahkan dalam butir-butir MoU tersebut harus disebutkan kewajiban yang harus dijalani, termasuk adanya kesiapan perusahaan untuk dilakukan pengecekan kekuatan keuangannya. "Saat sebelum diadakannya lelang,  diadakan dulu MoU pra lelang. Itu diikuti oleh semua peserta lelang," ujarnya.
Adapun butir-butir MoU yang harus ditetapkan, dia memberikan saran kepada pemerintah daerah (Pemda) Karawang, adalah pertama perusahaan siap untuk dicekterlebih dahulu kekuatan keuangannya. Kedua perusahaan pemenang lelang siap melaksanakan DED. Yang peling penting adalah poin berikutnya, adalah perusahaan pemenang lelang harus siap melunasi retribusi terlebih dahulu selama dua tahun kedepan. "Ini agar pemda tidak kecolongan dengan menetapkan pemenang lelang yang sebenarnya memiliki rekam jejak perusahaan yang buruk. Bahkan sebenarnya tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membangun pasar," ujarnya.
Dengan diadakannya MoU pra lelang, maka bisa menjadikan dasar hukum bagi TKKSD, untuk mengetahui lebih jauh rekam jejak perusahaan. Dengan demikian kedepan siapapu yang menjadi pemenang lelang tentu akan memberikan kontribusi untuk karawang. "Saya fikir, jika itu dijalankan maka pemda akan diuntungkan. Begitu juga warga karawang pada umumnya," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template