Ratusan Hektar Sawah di Purwasari Terancam Beralih Fungsi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ratusan Hektar Sawah di Purwasari Terancam Beralih Fungsi

Ratusan Hektar Sawah di Purwasari Terancam Beralih Fungsi

Written By ayah satria on Sabtu, 04 Februari 2017 | 19.00.00

PURWASARI, RAKA – Akibat Tanggul saluran irigasi jebol, lahan pertanian seluas 100 hektare sawah di wilayah Kampung Babakan Dukuh RT 03/04, Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, terancam gagal panen.
Tidak hanya itu, banyaknya saluran yang bocor, agar dapat kembali normal mengaliri sector pertanian diwilayah tersebut, dilakukan penambalan dengan seadanya. Adapun itu, meski kerusakan sudah seminggu lamanya, akan tetapi belum adanya perbaikan dari pemerintah. Neman Sanjaya Ketua Rw 04, Rt 03, Kampung Babakan Dukuh, Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari mengatakan, kerusakan Tanggul yang bocor diwilayahnya, menyebabkan tidak sedikit lahan pesawahan diwilayahnya mengalami kekurangan air. Hal ini disinyalir dapat menjadi potensi gagal panen ditahun ini. “Sepanjang 200 meter saluran air yang berada di kampong kami, yang menjadi satu-satunya penyuplai air pada bocor jadi tidak sedikit sawah diwilayah ini kekurangan air,” kata dia, kepada Radar Karawang, kemarin (3/2).
Parahnya, kerusakan yang sudah terjadi satu minggu ini, masih belum adanya perbaikan dari pemerintah. Padahal sebanyak 100 hektare sawah diwilayah ini terancam gagal panen,yang diakibatkan kurangnya pasokan air. “Sudah seminggu normalisasi saluran masih rusak, kami masih berupaya menutupnya dengan  tumpukan tanah, agar air bisa mengalir kembali ke sawah-sawah yang ada di kampong kami ini,” katanya.
Bahkan, berdasarkan pengamatannya, jika tidak disegerakan perbiakan saluran maka akan mengakibatkan ratusan hectare sawah diwilayah ini gagal panen. Karena saat ini pun potensi tersebut sudah bermunculan dari berbagai keluhan warganya yang berporfesi sebagai petani. “Makanya nanti hari mingggu saya bersama warga akan mengadakan kerja bakti untuk minimal memperbaiki saluran yang bocor,” ujarnya.
Inisiatif warga yang dilakukan saat ini, lanjut dia, karena prihatin dengan kondisi sector lahan pesawahan yang mulai kekurangan air. Hal tersebut diharapkan pemerintah segera melakukan perbaikan. “Sebelum lahan pesawahan terjadi kekeringan dan gagal panen , diharapkan ini secepatnya diperbaiki,” katanya.
Wawan Gunawan Warga Kampung Babakan Dukuh Rt 03/04 menyampaikan, inisiatif kerja bakti yang dilakukannya karena prihatin dengan kondisi tanggul yang jebol. Hal ini mengakibatkan tidak sedikit sector pertanian diwilayah ini mengalami kekeringan. “Sawah-sawah disini tidak sedikit yang mendapatkan air, karena tanggul banyak yang bocor,” katanya.
Seharusnya, kata dia, melihat banyaknya tanggul yang jebol dan normalisasi air tidak stabil pemerintah Kecamatan hingga Pemerintah Daerah segera lakukan perbaiakan. Hal tersebut dikarenakan sudah mengancam ratusan hectare sawah gagal panen nantinya. “Liat saja, salurannya banyak yang bocor dan mengalir kemana- mana, jadi setidaknya kami tutup dengan seadanya dulu dan membersihkannya biar lancer juga,” ucapnya.
Disamping itu, Darim Anggota Satpol PP yang menangapi giat kerja bakti  yang dilakuakan warga diwilayahnya mengatakan, memang inisiatif warga diwilayah Babakan dukuh sangat efektif dalam membantu  para petani yang ada diwilayahnya yang saat ini dilanda berbagai persoalan. “Sekarang lagi ada kerja bakti warga, untuk normalisasi saluran, agar nanti air bisa mengalir ke sawah-swah yang ada diwilayah mereka,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template