Rastra Ganjal Distribusi Raskin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rastra Ganjal Distribusi Raskin

Rastra Ganjal Distribusi Raskin

Written By Mang Raka on Selasa, 14 Februari 2017 | 12.30.00

*Pemkab Masih Menunggu Juklak dan Juknis

KARAWANG, RAKA - Hingga Senin (13/2) Pemerintah Karawang belum berani mendistribusikan beras keluarga sejahtera (rastra) ke masyarakat penerima rastra. Beras ini sebelumnya bernama raskin alias beras miskin sebelum berubah nama menjadi rastra. Sejak pergantian nama ini, sampai kemarin pemkab masih menunggu petunjuk pelaksana (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) beras tersebut.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Karawang, Herry Heriyadi tidak menyangkal ketika disinggung perihal itu. Dia mengatakan pihaknya belum  bisa memastikan kapan beras miskin (Raskin) didistribusikan ke seluruh  rumah tangga sasaran (RTS) yang ada di Karawang. Pasalnya, program yang saat ini diganti namanya jadi beras keluarga sejahtera (Rastra) itu belum ada kejelasan dari pemerintah pusat.
Apalagi, pihaknya juga  belum menerima petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) untuk pembagian rastra tersebut. “Untuk data penerima itu dari BPS, sedangkan untuk berasnya dari bulog dan kami hanya yang memiliki masyarakat sebagai sasaran penerima rastra,” kata Hery. Dia menjawab pertanyaan wartawan seputar alasan pemkab hingga kini belum mendistribusikan beras tersebut.
Disinggung kemungkinan perubahan menyusul perubahan nama dari raskin ke rastra, untuk itu Hery pun tidak menyangkal akan ada perubahan. Ada sedikit perubahan dalam  program raskin juga diganti namanya jadi rastra. Sebab, nantinya penerima raskin akan terlebih dahulu mendapat voucer atau kupon untuk menebus rastra itu. “Kami juga menunggu keputusan dari pemerintah pusat, sebab program rastra itu merupakan program dari pusat,” tuturnya.
Dikatakannya, untuk tahun 2016 jumlah RTS di Karawang sebanyak 161.463 KK dengan jumlah raskin sebanyak 242 ton perbulan. “Kami juga sudah menerima keluhan dari pihak kecamatan dan desa terkait keterlambatan pembagian rastra itu. Tapi kami jelaskan jika belum ada keputusan dari pusat,” katanya.
Diakuinya, rastra merupakan program yang bergulir sejak tahun 1998 sampai 2016. Jadi wajar ketika ada keterlambatan pembagian raskin itu ada reaksi dari masyarakat. Sementara tahun 2017 ini akan ada perubahan daftar RTS dari hasil sensus ekonomi pada tahun 2015 lalu. “Jika raskin sudah ada, maka akan dibagikan untuk dua bulan yaitu Januari dan Februari,” ungkapnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template