Raperda BUMDes Pertengahan Maret - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Raperda BUMDes Pertengahan Maret

Raperda BUMDes Pertengahan Maret

Written By ayah satria on Selasa, 28 Februari 2017 | 14.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Diperlukan payung hukum atas keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Perda BUMDes nantinya menjadi acuan peraturan di tingkat desa (Perdes) yang berkenaan dengan badan usaha milik desa tersebut.
"Diagendakan raperda bisa tuntas pada pertengahan Maret 2017 mendatang. Sekarang sedang dalam proses pembahasan raperda-nya. Naskah akademik dan lain-lain, sudah ada," ujar, Ketua Komisi I DPRD Purwakarta, Fitri Maryani, Senin (27/2).
Menurutnya, perda ini nantinya akan memberi payung hukum bagi BUMDes yang sudah mulai terbentuk. "Pembuatan Perda tentang BUMDes ini perlu dilakukan untuk memberikan pedoman bagi pembentukan BUMDes di Kabupaten Purwakarta," kata Fitri.
Politis Partai Gerindra Purwakarta itu juga menambahkan, keberadaan BUMDes cukuplah penting. Pasalnya, pembuatan unit usaha ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Selain itu, pembentukan BUMDes juga telah diatur dengan Undang-Undang No.6/2014 tentang Desa, yang diperkuat dalam Peraturan Pemerintah No.43/2014 tentang Petunjuk Pelaksana UU Desa serta Permendesa No.4/2014 tentang BUMDes. Didalamnya mengatur tentang beberapa materi seperti pendirian, AD-ART, kepengurusan, jenis usaha dan permodalan. "Termasuk masalah bagi hasil usaha, kepailitan, kerja sama dengan pihak ketiga, pertanggungjawaban hingga upaya pembinaan dan pengawasan," ujar Fitri, seraya berharap dengan pembentukan BUMDes ditiap desa maka ekonomi di wilayah desa dapat terus berkembang. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template