Polisi Jamin Kasus Pungli Dishub Terus Berlanjut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Polisi Jamin Kasus Pungli Dishub Terus Berlanjut

Polisi Jamin Kasus Pungli Dishub Terus Berlanjut

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Februari 2017 | 12.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Polres Purwakarta masih melakukan pemeriksaan terhadap dua orang pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Purwakarta yang baru-baru ini tertangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh tim Sapu Bersih (Saber) Pungli Purwakarta.
Kasat Reskrim Polres Purwakarta AKP Agta Buana Putra memastikan, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di dinas tersebut yang diduga telah melanggar ketentuan kir kendaraan. Terdapat 18 penerbitan buku kir yang diduga tidak dilakukan uji dan tanpa dihadirkan kendaraannya. Selain itu, keduanya juga memungut biaya melebihi tarif retribusi sesuai Perda Purwakarta Nomor 5 tahun 2012 Tentang Retribusi Kendaraan Bermotor untuk retribusi kendaraan baru Rp. 94.500 dan berkala sebesar Rp. 42.000. “Kasus ini saya jamin akan terus berlanjut hingga ke tahap berikutnya,” ujar dia melalui sambungan selulernya, kemarin.
Dia menjelaskan, pihak kepolisian tengah melakukan koordinasi dengan pihak kejaksaan untuk menindak lanjuti kasus tersebut. “Kanit tipikor sedang berkoordinasi dengan kasi pidsus kejaksaan,” singkat dia.
Diberitakan sebelumnya, empat orang petugas pemeriksa kartu uji berkala kendaraan bermotor (Kir) diamankan Tim Sapu Bersih Pungli (Saber Pungli) Purwakarta. Empat orang petugas ini masing-masing bernama Dindin Mulyadi (45) sebagai penguji dan Didin Saripudin (46) sebagai pemungut retribusi. Keduanya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Perhubungan (Dishub) Purwakarta. Sedangkan untuk dua orang lainnya masing-masing bernama Dadan Miharja (57) sebagai perwakilan dari Organda Purwakarta dan Ida Nuraeni (37) sebagai petugas Tenaga Harian Lepas atau THL pada Dishub Purwakarta.
Keempat petugas ini diamankan saat Tim Saber Pungli Purwakarta menggelar operasi tangkap tangan (OTT), di lokasi pengujian KIR, di halaman depan kantor Dishub Purwakarta, Jalan Veteran, Ciseureuh Kecamatan Purwakarta Kota, Jumat (27/1) lalu.
Dari informasi yang berhasil dihimpun, mereka menerbitkan kartu kir sebanyak 46 buku KIR. Namun dari jumlah tersebut, hanya 28 kendaran diantaranya yang betul-betul dihadirkan unitnya dan dilakukan pengujian meliputi pra uji administrasi seperti fotokopi STNK, buku uji, STNK, uji validasi seperti pengujian lampu, pemeriksaan kolong, bantalan, suspensi, ban, spidometer, spion, ban stip, kaca, body, casis, uji emisi, rem dan lain-lain. Itu diatur dalam Pasal 59 Undang-undang Nomor 22 tahun 1999 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. (awk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template