Pikiran Sehat Tanpa Hoax - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pikiran Sehat Tanpa Hoax

Pikiran Sehat Tanpa Hoax

Written By Mang Raka on Selasa, 07 Februari 2017 | 14.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Berita palsu atau hoax, saat ini berseliweran di dunia maya. Disadari atau tidak, jika sering membacanya, berita hoax tersebut bisa meracuni pikiran sehingga terpengaruh oleh isi berita tersebut. Maka tak heran, jika sejumlah pihak saat ini mengkampanyekan gerakan anti hoax, agar pikiran lebih sehat tanpa hoax.
Dindin Nurdiana, siswa kelas 12 SMK PGRI 3 Karawang mengatakan, dirinya pernah membaca sebuah berita hoax. Ketika membacanya, secara tak langsung pikirannya diarahkan untuk berasumsi seperti apa yang diberitakan. Bahkan jika tak mencari sumber lain, dia bisa ikut-ikut beropini seperti isi berita tersebut. "Memang (hoax) berpengaruh sih. Kita jadi suka berpikir, benar apa enggak ya. Bahkan, akhir-akhir ini, perseteruan antar LSM, organisasi atau lainnya, berawal dari berita hoax. Diracuni oleh opini dari hoax itu. Pokoknya jangan dulu percaya sebelum lihat oleh mata sendiri," katanya, pada Radar Karawang, Senin (6/2) kemarin, usai shalat Dzuhur berjamaah.
Bahkan, tambahnya, dia sering terpancing untuk ikut-ikut komentar di media sosial, padahal berita tersebut belum jelas kebenarannya. "Suka kepancing juga ikut komen, bahkan ada yang emosi. Yang namanya pelajar, kadang suka terpancing emosinya," ujarnya.
Berkaca dari itu, lanjut siswa jurusan Teknik Pemeliharaan Mesin Industri (TPMI) ini, dia tak asal dalam menyebarkan informasi yang didapatnya dari dunia maya. Jika menurutnya, menarik dan sumbernya terpercaya, baru disebarkan melalui akun media sosial miliknya. "Kalau share berita jarang. Kalau kira-kira menarik dan sumbernya terpercaya baru kita share," paparnya diamini oleh rekannya yang lain, Muhammad Beni, Aip Rhuby Lesmana, Dian Rahmatullah dan Ridwan Maulana.
Rekan sekelas Dindin, Muhammad Muhtadi menyarankan, bagi pengguna internet, jangan langsung percaya dengan informasi yang didapat di dunia maya. Menurutnya, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan agar terhindar dari mengkonsumsi informasi hoax. "Lihat dulu sumbernya dari mana, media yang terpercaya atau akun abal-abal. Terus, lihat juga siapa yang menulis beritanya. Jangan sampai kita diadu domba oleh informasi yang disebarkan tersebut. Karena kalau kita tidak cermat, gara-gara hoax bisa ribut," pungkasnya. (asy)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template