Petani Plered Optimis Panen Meningkat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Plered Optimis Panen Meningkat

Petani Plered Optimis Panen Meningkat

Written By Mang Raka on Jumat, 24 Februari 2017 | 13.00.00

PLERED,RAKA - Di musim tanam tahun ini, para petani di Kecamatan Plered, optimis jika hasil bakal mengalami peningkatan. Terjadinya peningkatan produksi padi tersebut, merupakan kabar baik bagi stok pangan di wilayah itu.
Oni (65), salah satu petani di Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered, mengatakan, jika hasil panen kali ini akan meningkat ketimbang tahun sebelumnya. Hal ini, kata dia, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lancarnya kebutuhan air di sawah, karena ditunjang dengan curah hujan yang cukup baik selama beberapa bulan terakhir. "Kita merasa yakin jika tahun ini hasil panen akan baik, sebab hampir tiap awal tahun hasil panen sangat bagus," ujar Oni, saat ditemui usai memberi pupuk padi di areal pesawahan, Kamis (23/2).
Menurutnya, peningkatan akumulasi jumlah dari panen tersebut, sebab para petani di wilayah itu mampu mengatasi berbagai masalah, dalam menggarap sawah. "Insya Alloh semua bisa kami atasi seperti biaya pembelian pupuk dan juga hama atau hewan perusak padi seperti wereng, tikus, keong," ujarnya.
Apalagi, kata Oni, di wilayah Kecamatan Plered hampir kebanyakan sawah merupakan sawah irigasi ketimbang sawah tadah hujan, sehingga menjadi keunggulan tersendiri dan dimanfaatkan para petani untuk menggarap sawah dengan dengan baik. "Masa tanam kali ini merupakan momentum untuk meningkatkan produksi padi. Apalagi, stok air di wilayah ini tidak membuat kami khawatir," bebernya.
Hal senada juga dikatakan Ece Karim (55), salah seorang penggarap sawah lainnya. Meski hanya memiliki beberapa ratus meter sawah saja. Namun, musim tanam kali ini merupakan momentum, baik bagi dia dan petani lainnya.  "Untuk itu, saat musim tanam ini, saya manfaatkan dengan merawat sawah seintensif mungkin, karena merupakan momentum baik bagi para penggarap sawah di sini," ujarnya.
Sementara, Kepala Bidang Tanaman dan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Purwakarta Dedi Setiadi mengatakan, pihaknya terus mendorong peningkatan hasil produksi padi. "Upaya kami yaitu membantu para petani dari mulai subsidi benih, pupuk, serta alat mesin pertanian. Proses penanam hingga panen mendapat pengawalan dari para penyuluh," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template