Petani Keluhkan Sawahnya Penuh Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Keluhkan Sawahnya Penuh Sampah

Petani Keluhkan Sawahnya Penuh Sampah

Written By Mang Raka on Rabu, 08 Februari 2017 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Sudah saatnya warga menyadari untuk tidak membuang sampah ke kali ataupun ke areal sawah. Sebab, hal itu selain menimbulkan banjir, sawah pun tercemar oleh sampah. Seperti  terjadi di areal persawahan Kampung Jalitri, Desa Telukjambe, sampah banyak menggenangi sawah dan drainase, Selasa (7/2).

Sampah merupakan salah satu dari sekian banyak masalah sosial yang dihadapi masyarakat. Masyarakat kota ataupun daerah yang padat pendududuknya pasti menghasilkan persoalan sampah. Bahkan yang parahnya karena kesadaran yang kurang areal sawah pun kini menjadi genangan sampah yang justru berdampak buruk bagi petani. "Kadang dari sampah yang ada malahan sawah jadi berbau dan kami juga mudah terserang penyakit kulit dari sampah-sampah itu," ucap Torik (40) petani Telukjambe.
Dia mengatakan, sampah yang sering menggenangi persawahannya itu bukan saja mengancam rusak padi tapi mengganggu petani karena khawatir malah menjadi bibit penyakit.
Lain lagi dengan Marsadin (37) dirinya berharap pemerintah bisa tegas mengatasi persoalan sampah yang sering ganggu areal persawahan warga. Dirinya menyesalkan ada warga yang kurang menyadari pentingnya kesehatan. "Warga seperti tidak tahu aturan saja masa buang sampah di sawah malah bikin sawah kami jadi berbau dan pohon padi pun banyak yang mati oleh keberadaan sampah," jelasnya.
Hal serupa pun ditegaskan Yadi (38), jika terus menerus seperti itu maka petani akan merosot jumlah panennya. Sedangkan belum ada tindakan perihal buang sampah sembarangan itu. "Harapan saya drainase juga bisa dilebarkan hingga genangan sampah terus bisa ke buang ke sungai yang lebih besar kalau tidak begitu yang jadi korban ya lahan persawahan kami. Kalau bisa langsung ditindak dan buat peraturan desa agar tidak ada lagi warga yang buang sampah ke sawah," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template