Pertahankan Tari Jaipong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pertahankan Tari Jaipong

Pertahankan Tari Jaipong

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Februari 2017 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Warga Karawang nampaknya harus bangga dengan kehadiran para seniman yang ada di Karawang. Karena melalui kesenian tersebut nama Karawang juga semakin dikenal dikancah interlokal. Seperti pada acara Cap Go Meh yang digelar di Karawang beberapa waktu lalu, ada kolaborasi kesenian tionghoa dengan kesenian sunda.

Kesenian sunda yang ditampilkan pada kegiatan tersebut diantaranya debus, termasuk seni tari jaipong oleh anak-anak yang belajar di Rumah Seni Anti Production (RSAP) yang beralamat di Desa Cikampek Pusaka, Kecamatan Cikampek. Pertunjukan seni sunda tersebut cukup memberikan kemeriahan perayaan cap go meh, bahkan Muspida yang dikomandoi oleh Bupati Karawang, dr.Cellica Nurrachadiana, ikut turun kelapangan saat rombongan para penari jaipong melakukan aksinya didepan panggung utama.
Hal itu sontak membuat para hadirin yang datang dari berbagai Kota se Nusantara ikut terhanyut dengan penampilan seni tari jaipong yang dipertontontakn tersebut.
Instruktur tari jaipong di Rumah Seni Anti Production, Rusnia Yanti, mengaku cukup bangga dan bahagia atas keterlibatannya dalam dunia seni. Terlebih anak didiknya yang rutin mengikuti latihan tari jaipong bisa menunjukan eksistensi kesenian sunda apalagi khas karawang dihadapan warga tionghoa. "Alhamdulillah, kini sudah tergolong sukses, karena anak didik saya menjadi perwakilan Penari Jaipong pada hampir setiap acara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah maupun pihak swasta di Kabupaten karawang," ujar Yanti, guru seni budaya.
Anti sapaan akrab Rusnia Yanti, mengaku sudah dua tahun mengajar seni budaya, dan mengembangkan rumah seninya itu, saat ini sudah sekitar 30 siswa binaannya yang mengikuti kegiatan rutin yang digelar di rumah seninya itu. "Sekarang siswa yang belajar di saya sudah 30 orang, mereka sering dipanggil untuk pentas diberbagai kegiatan," ujarnya.
Lulu Indah Firdaus, salah satu anak didik guru muda itu mengatakan,  dirinya sangat senang dan bangga dengan keikutsertaannya belajar di sanggar ibu guru yang kesehariannya disapa dengan nama Ibu Anti itu. "Alhamdulillah, saya dapat menjadi perwakilan di setiap acara yang digelar di Kabupaten Karawang," ujarnya.
Ketua Karang Taruna Kecamatan Cikampek, Jayadi mengatakan, dirinya sangat apresiasi dengan adanya sanggar seni budaya Jaipong yang dipimpin oleh guru Anti. Karena selain melestarikan seni budaya Jaipong, juga dapat mengangkat nama baik Karawang khususnya Cikampek, melalui berbagai event yang diadakan. "Seperti pada acara kemaren Sabtu di Jalan Tuparev Karawang. Kesenian menjadi modal untuk menunjukan identitas sebuah daerah. Maka seni tari jaipong harus dipertahankan bahkan dikembangkan," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template