Perekaman e-KTP di Desa Medangasem Hari Ini Berakhir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perekaman e-KTP di Desa Medangasem Hari Ini Berakhir

Perekaman e-KTP di Desa Medangasem Hari Ini Berakhir

Written By Mang Raka on Senin, 20 Februari 2017 | 12.30.00

JAYAKERTA, RAKA - Desa Medangasem menjadi tempat pembuatan e-KTP 3 desa yang berada di Kecamatan Jayakerta, fasilitas ini sengaja didatangkan dari kecamatan untuk mempermudah masyarakat membuat e-KTP, sekaligus menjawab keluhan masyarakat terkait jauhnya akses ke kantor Kecamatan Jayakerta. Sayangnya, perekeman e-KTP di kantor desa dibatasi hanya empat hari dan Senin (20/2) hari ini adalah hari terakhir.
Kepala Desa Medangasem Dadang M Tamin mengatakan, banyak masyarakat yang mengeluh terlalu jauh dan banyak memakan waktu jika harus membuat ke kantor kecamatan. Sehingga, aktivitas warga terganggu dan banyak mengeluarkan biaya perjalanan ke kantor kecamatan. Apalagi, mayoritas pekerjaan masyarakat sebagai petani. "Kita sengaja bawa mesinnya ke desa, supaya masyarakat tidak harus dibebankan dengan ongkos perjalanannya. Soalnya, banyak banget masyarakat yang mengadu dan mengeluhkan pembuatan e-KTP ini. Di sisi lain, masyarakat juga sangat membutuhkannya, maka dari itu kita bawa aja ke desa, dan tentunya dengan izin terlebih dahulu," kata Kades Dadang M Tamin, kepada Radar Karawang saat dikonfirmasi di kantor Desa Medangasem, Minggu (19/2), kemarin siang.
Kendatipun agak ribet, lanjut dia, namun hal ini sudah menjadi tanggung jawabnya sebagai kepala desa untuk membantu program pemerintah yang wajib mempunyai identitas. Pasalnya, keadaan ini merupakan salah satu tugasnya untuk mengayomi masyarakat. Selain itu, banyak program dan bantuan dari pemerintah kepada masayarakat yang mewajibkan masyarakat mempunyai e-KTP. "Sekarang itu kan banyak program yang mewajibkan masyarakat mempunyai e-KTP, dari pada mereka ribut karena tidak punya e-KTP, mending kita fasilitasi dari sekarang," ujarnya.
Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desa Medangasem Muhammad Yudi Ridwan menambahkan, berjalannya pembuatan e-KTP di Desa Medangasem ini sudah berjalan selama 3 hari. Selain masyarakatnya yang diwajibkan memiliki e-KTP, Desa Medangasem pun sekaligus menampung masyarakat 3 desa tetangganya, yakni Desa Kampungsawah dan Desa Ciptmarga. "Kita diberikan waktu 4 hari untuk menggunakan alat ini, karena bukan hanya desa ini saja, Desa Kampungsawah dan Desa Ciptamarga juga," ucapnya.
Hal senada dikatakan Pol PP Kecamatan Jayakerta Zaenal Muttaqien, pemerataan pembuatan e-KTP ini akan terus dilakukan sebelum semua masyarakat membuatnya. Pasalnya, dari jumlah kurang lebih 3.000 jiwa masyarakat yang wajib mempunyai e-KTP di Kecamatan Jayakerta, baru ada 1.500 jiwa saja yang sudah memiliki e-KTP. Selama 3 hari berjalannya pembuatan E-KTP di Desa Medangasem, sampai saat ini baru ada 227 orang dari 3 desa yang sudah melaksanakan pemotretan. "Yang belum tahu direkrut lagi, kalau memang memungkinkan, saya inginnya ke tiap-tiap dusun, khawatir ada masyarakat yang sakit tapi ingin membuat e-KTP." pungkasnya (mg3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template