Perbaikan Gedung SD Jadi Prioritas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perbaikan Gedung SD Jadi Prioritas

Perbaikan Gedung SD Jadi Prioritas

Written By Mang Raka on Jumat, 10 Februari 2017 | 11.00.00

KARAWANG, RAKA - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana akan mereposisi anggaran perbaikan bangunan sekolah yang rusak. Pemkab lebih memprioritaskan perbaikan gedung sekolah dasar(SD) dibandingkan dengan perbaikan gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menangah Atas (SMA).

"Alokasi dana yang sebelumnya untuk perbaikan gedung SMP dan SMA akan diarahkan untuk memperbaiki bangunan SD," kata Cellica kepada wartawan usai meresmikan penggunaan kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang di Jalan Husni Hamid, Karawang Barat, Kamis (9/2) kemarin. Menurut Cellica,  banyaknya bangunan SD yang ambruk di Karawang tentunya menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah. " Pemkab Karawang telah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan sekolah, kendati dananya dari CSR atau DAK," ujarnya.
Dikatakannya, anggaran tersebut  akan digunakan untuk memperbaiki sekolah yang memang kondisinya membahayakan keselamatan siswa. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) ternyata bangunan SD lebih banyak yang rusak dibanding bangunan SMP dan SMA. Oleh karena itu, sambung dia, anggaran perbaikan gedung SMP dan SMAakan dialihkan untuk memperbaiki bangunan SD yang kondisinya benar-benar darurat. "Perbaikan SDN Ciptamargi 2 dan SDN Pusakajaya Selatan 2 menjadi prioritas Pemkab Karawang," katanya.
Selain mereposisi anggaran, lanjut Cellica, Pemkab Karawang akan menyiapkan anggaran perbaikan sekolah dalam APBD  2017 hasil perubahan nanti. "33 persen APBD Karawang dialokasikan untuk Pendidikan. 50 persen di antarnya untuk gaji guru, sehingga sisanyabisa digunakan untuk memperbaiki gedung sekolah yang rusak," ujar Cellica.
Dalam kesempatan tersebut Cellica menuturkan pula, perbaikan bangunan sekolah harus dikerjakan oleh kontraktor yang benar-benar tangguh.Pasalnya kondisi geografis di Kabupatan Karawang tidak sama antara satu daerah dengan daerah lainnya. Kendati anggaran yang disiapkan sama dan dikerjakan pada waktu yang sama, usia bangunan bisa berbeda."Seperti bangunan SDN Ciptamargi 2,ambruk akibat lahannya yang amblas. Sebab, bangunan tersebut didirikan di atas lahan bekas sawah," katanya.
Cellica berjanji, semua sekolah yang rusak ditargetkan dapat diperbaiki pada masa kepemimpinannya. "Saya targetkan semua sekolah menjadi bagus dalam RPJMD kepemimpinan Cellica-Jimmy," katanya.
Sebelumnya, Kepala Seksi Kelembagaan Sarana dan Prasarana Bidang Prasarana SD pada Disdikpora Karawang, Cece Saripudin, menyebutkan, bangunan SD yang mengalami kerusakan sedang ada 241 ruang kelas, rusak berat 677 ruang,  226 ruang perpustakaan, 234 ruang guru, 300 WC guru,dan 463 WC siswa.
Jumlah ruang rusak sebanyak itu belum termasuk bangunan SMP yang perlu diperbaiki sebanyak 248 ruang kelas rusak sedang dan 250 rusak berat."Data tersebut didapat dari hasil survey yang dilakukan oleh Disdikpora Karawang," ujarnya.
Disebutkan,  berdasarkan RPJMD (rencana pembangunan jangka menangahdaerah) Pendidikan di Kabupaten Karawang dari 2017 hingga 2021, bangunan sekolah harus sudah bagus semuanya. Atas dasar itu pula pihaknya mengusulkan agar anggaran untuk pengadaan RKB (ruang kelas baru), dan perbaikan total, serta perbaikan sedang ruang kelas yangrusak dapat disiapkan APBD melalui dana alokasi umum .(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template