Perajin Wayang Tagih Janji Bupati - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perajin Wayang Tagih Janji Bupati

Perajin Wayang Tagih Janji Bupati

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Februari 2017 | 10.30.00

*Sampai Saat Ini Belum Ada Pendataan Perajin

KLARI, RAKA – Hingga saat ini rencana Validasi data seniman dan perajin disetiap wilayah kecamatan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata belum juga dilakukan. Padahal, rencana pendataan tersebut sudah lama digulirkan.

Saat ditemui di rumahnya Ana Sumarna (73) Seniman pengrajin pembuatan wayang di Kampung Jatirasa, Desa Duren, Kecamatan Klari mengatakan, sampai saat ini rencana pendataan perajin dan seniman yang sempat diketahuinya melalui pemberitaan ternyata hanya sebatas wacana tanpa adanya realisasi kongkrit. Padahal, dengan pendataan tersebut, merupakan upaya pemerintah dalam mengetahui keberadaan perajin yang berada diwilayahnya. “Acan Aya neupi ayeuna oge, nu ngadata di pemerintah Acan aya nu datang. Biasa na lain lamun ngadata pasti didatangan meureun ka tempat pengrajinna, mun  heunteu ku urang dinas na, pasti ku urang desana eta biasana kitu lain (Belum ada sampai sekarang juga, yang melakukan pendataan pengrajin. Bukannya kalau melakukan pendataan itu didatangi kesetiap tempat pengrajinnya tapi sampai sekarang belum ada yang kesini),” terang Ana kepada Radar Karawang, kemarin (15/2).
Bahkan, Ana mengatakan, rencana validasi tersebut hanya sebatas wacana yang digulirkan para pejabat saja. Karena selama ini dalam pelaksanaan masih belum dirasakannya. Sehingga bukti hal tersebut kurangnya keefektifan para pejabat dalam merealisasikan setiap rencananya. “Lamun beuneur mah, sok geurakeun, soalna lamun atos di data, bisa enak. (Kalau memang benar, diharapkan secepatnya, biar nanti kalau sudah ada pendataan, setidaknya keberadaan pengrajin bisa diketahui),” ucapnya.
Hal senada disampaikan Yudi pemilik Usaha kerajinan miniature sepeda yang berada di perumahan Puri Kosambi I, Blok Y, RT 46/13, No 7 saat dihubungi Radar Karawang, dalam menanggapi perihal rencana Validasi data para pengrajin diwilayah Kabupaten Karawang, menurutnya, rencana tersebut dinilai baik dalam menjaring dan mengetahui keberadaan para pengrajin yang ada disetiap wilayah kecamatan. Karena selama ini keberadaan pengrajin yang ada diwilayah Kabupaten ini masih dinilai kurang diketahui. “Ya saya sangat sepakat kalau memang pemerintah sudah mewacanakan ide itu, tapi kalau bisa jangan sampai sebatas ucapan doang, harus ada realisasinya,” cetusnya.
Bahkan, lanjut dia, tidak sedikit kreatifitas warga yang memiliki keahlian dibidang kerajinan banyak diketahui  Pemerintah. Hal itu diharapkan dengan dilakukannya validasi data bisa membantu untuk mengetahui keberadaannya. “Saya juga yakin usaha kerajinan saya juga belum banyak pemerintah daerah yang tahu, meski karya saya sudah terkenal di berbagai negara hingga ke eropa, bahkan ini saya sudah mengirimkan kembali pesanan ke daerah asia dan Amerika, kalau dengan di data, setidaknya ini akan menjadi asset daerah, banyak kreatifitas warganya yang sudah terkenal ke belahan dunia,” katanya.
Disamping itu, Lili Sukarli Aparatur Desa Duren, yang selama ini terus menerus berupaya agar keberadaan para pengrajin di wilayahnya, dapat diketahui diberbagai wilayah, mengatakan, Hingga saat ini rencana validasi data belum adanya sinyal kuat. Padahal pendataan tersebut merupakan upaya selain dapat mengetahui keberadaan pengrajin. Hal tersebut bisa menjadikan upaya dalam meningkatkan kesejahteraan pengrajin. “Sampai sekarang belum ada juga yang ngedatanya, padahal ini sudah di gemborkan di akhir 2016, dan akan di validasi di tahun 2017,” ucapnya.
Sehingga, kepastian pendataaan para pengrajin dan seniman diwilayah Kabupaten Karawang masih saja berkutat  didalam wacana. Hal tersebut bukti efektifitas kinerja Pemerintah Dinas terkait rendah. “Padahal bupati sudah mengatakan, akan mengintrupsikan Dinas terkait untuk mendata. Cuman sampai sekarang belum juga, para pengrajin banyak yang nanya kepastiannya, terutama di wilayah desa kami,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template