Penting Peran Penyuluh Lapangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penting Peran Penyuluh Lapangan

Penting Peran Penyuluh Lapangan

Written By Mang Raka on Kamis, 09 Februari 2017 | 12.30.00

PANGKALAN, RAKA - Peran penyuluh lapangan pertanian tidak hanya sebatas memberikan pengetahuan soal pertanian, perikanan dan kehutanan saja. Akan tetapi harus dapat memberikan pemahaman tentang persoalan lahan-lahan teknis jika dijual untuk dialih fungsikan.

Untuk itu kualitas penyuluh benar-benar teruji sehingga kinerjanya lebih produktif kepada para petani. Selain bisa mengoptimalkan perannya dalam mensinergikan program pembangunan pertanian ke arah lebih baik. Terlebih dengan tantangan yang semakin besar seperti saat ini. Dimana modernisasi zaman dan industri semakin meluas. Sehingga lahan pertanian akan terancam habis dengan kondisi kekinian.
"Salah satu kunci utama untuk dapat mempertahankan ketahanan pangan selain petani adalah para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL). Petugas inilah yang bertanggungjawab menyampaikan ilmu dan teknologi pertanian, sehingga tercipta ketahanan pangan," ucap Rahmat, pemerhati masalah pertanian, belum lama ini. Tidak hanya itu, melalui petugas ini diharapkan menjadi pembimbing petani yang bukan hanya menayampaikan teori tentang teknologi teknis pertanian saja, akan tetapi lebih mempunyai peranan sebagai pendamping hingga memahami kendala peningkatan kualitas pertanian.
Disampaikan juga tiga hal terpenting yang harus di pahami oleh para Penyuluh yang saat ini untuk di Pangkalan banyak yang dilakukan oleh Tenaga Harian Lepas (THL). Seperti memahami karakter-karakter petani. Misalnya petani sebagai peserta penyuluh. Petani sebagai pelopor, petani pengikut dan petani yang selalu menolak anjuran dan himbauan yang disampaikan oleh narasumber. Karena jika memahami hal ini penyuluh akan lebih konsentrasi pada petani pelopor dan pengikut, hingga jangan sampai selalu melakukan penyuluhan pada petani yang selalu menolak arahan dan himbauan. Karena pada dasarnya mental penolak selamanya tidak akan mau melakukan perubahan. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template