Pemkab Sudah Dapat Rekomendasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Sudah Dapat Rekomendasi

Pemkab Sudah Dapat Rekomendasi

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Februari 2017 | 12.00.00

*Asep Aang Rahmatullah: KASN Setujuan Mutasi dan  Rotasi

KARAWANG, RAKA - Mutasi dan rotasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang secepatnya akan dilaksanakan setelah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Karawang, Asep Aang Rahmatullah mengatakan itu, Rabu (15/2). Kendati demikian dia memastikan Pemkab sudah segera akan melakukan penetapan. “Kami sudah mendapat rekomendasi dari KASN terkait mutasi dan rotasi di lingkungan Pemkab Karawang sudah disetujui, selanjutnya bupati sebagai pembina kepegawaian  dapat melakukan penetapan dan pelantikan,” kata  Asep Aang.
Aang menambahkan, pelaksanaan rotasi dan mutasi ini, rencananya untuk eselon II, III, dan IV karena banyak jabatan yang kosong karena ditinggalkan oleh pejabatnya karena pensiun dan ada juga yang meninggal dunia. “Rencananya ada 15 pejabat eselon II yang akan kena rotasi dan pengisian jabatan yang kosong sebanyak 155 jabatan karena pejabatnya pensiun dan meninggal dunia,” katanya.
Diakuinya, mutasi ini memang harus mendapat rekomendasi dari KASN. Sebab, KASN merupakan lembaga yang terdiri dari berbagai latar belakang dan berbentuk komisioner. “Jika tidak ada rekomendasi dari KASN dikhawatirkan pelantikan dan penetapan bisa dibatalkan seperti beberapa kabupaten yang dibatalkan pelantikannya karena belum ada rekom dari KASN,” ungkapnya.
Dalam kesempatan tersebut Aang membantah keberadaan  komunitas golf yang mendominasi mutasi pejabat kedepan.Sebab BKSDM  tetap memegang aturan Undang-undang Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). “Jikapun ada rotasi untuk esselon II itu juga sesuai amanat ASN,” tandasnya.
Sesuai dengan  pasal 117 Undang-undang Nomor 5 ASN, lanjut Aang, pejabat tertinggi hanya menduduki jabatan paling lama selama lima tahun. Namun, pejabat yang dimaksud bisa diperpanjang berdasarkan capaian kerja, kesesuaian kompetensi, dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan dari Pejabat KASN. “Meskipun ada rotasi itu hal yang wajar dan sesuai dengan aturan, jika masih ada jabatan esselon II yang kosong itu akan dilakukan open bidding atau lelang terbuka,” pungkasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template