Pemkab Luncurkan Bank Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Luncurkan Bank Sampah

Pemkab Luncurkan Bank Sampah

Written By Mang Raka on Kamis, 09 Februari 2017 | 14.00.00

*Setyadarma Optimis Masalah Sampah Teratasi

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Kabupaten Karawang akan memperkenalkan sistem pengelolaan sampah yang bisa dikelola langsung oleh masyarakat secara kolektif melalui program Bank Sampah. Sehingga ke depan sampah tidak lagi dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir (TPSA).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (KDLHK) Karawang Setyadarma mengatakan itu, Rabu (8/2). Dia berharap melalui upaya itu nantinya persoalan sampah yang terjadi di kabupaten ini bisa teratasi. Bahkan, Setyadharma optimis, jika kelola secara benar nantinya akan menjadi pendapatan sampingan. "Jika dikelola dengan baik, sampah tersebut bisa menghasilkan uang untuk masyarakat karena sebagian dari sampah tersebut bisa dijual," katanya.
Dikatakannya, bagi anggota masyarakat yang berminat mengikuti program bank sampah ini akan dibantu secara langsung oleh DLHK terkait teknis pengelolaan sampah. Selain itu pemerintah juga akan memberikan bantuan berupa mesin penghancur sampah yang sudah di desain khusus. "Nantinya sampah itu harus dipilah mana sampah organik dan mana sampah non organik. Setelah dipilah baru kemudian dimasukan kedalam mesin khusus untuk dihancurkan," katanya.
Menurut Setyadarma,  keuntungan ekonomis yang didapat dari program ini selain bisa menghasilkan uang juga menjaga dan melestarikan lingkungan. Sampah plastik misalnya bisa menghasilkan uang jika diolah menjadi biji plastik. Selain itu ada juga sampah yang bisa dijadikan kompos hingga bisa dijual ke petani yang membutuhkan."Kalau dilingkungan perumahan biaya pembuangan sampah bisa dijadikan uang kas karena tidak harus lagi bayar ke dinas kebersihan seperti selama ini," katanya.
Menurut Setyadarma saat ini pihaknya masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang program ini. Dari hasil sosialisasi ini ada beberapa kecamatan di Karawang yang merspon program ini dengan positif. Setelah melakukan sosialisasi pihaknya akan melakukan pemetaan wilayah mana yang akan dijadikan proyek percontohan bank sampah. "Kita akan lakukan secara bertahap daerah mana saja yang akan memulai program ini," katanya.
Setyadarma mengatakan kedepan dia berharap seluruh daerah di Karawang bisa mengelola sendiri sampah dilingkungannya. Dengan begitu dia meyakini masalah sampah yang selama ini menjadi persoalan kan bisa ditekan karena peran aktif masyarakatnya. "Kita tidak bisa langsung ke seluruh daerah karena terkendala oleh penyediaan mesinnya. Namun kalau percontohan sukses kita akan teruskan hingga ke seluruh daerah," katanya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template