Pemda Ambisi Sabet Piala Adipura - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemda Ambisi Sabet Piala Adipura

Pemda Ambisi Sabet Piala Adipura

Written By Mang Raka on Sabtu, 25 Februari 2017 | 12.30.00

PURWASARI, RAKA - Ambisi Pemerintah Daerah agar dapat menyabet piala adipura mulai ditanggapi serius diawal tahun 2017. Berbagai kegiatan kerja bakti yang menjadi salah satu syarat tercapainya gelar tersebut kini mulai digencarkan diberbagai wilayah yang ada di Kabupaten Karawang dengan melakukan kerja bakti massal setiap minggunya.

Seperti halnya, Kegiatan Kerja Bakti yang digalakan diseluruh wilayahnya. Hal tersebut tidak hanya dapat menjadi upaya dalam syarat pencapaian gelar tersebut. Akan tetapi, meningkatkan kembali kesadaran warga yang berada diwilayahnya akan kebersihan lingkunga.
Ketua Dewan DPRD Kabupaten Karawang, Toto Suripto saat dikonfirmasi kedatangannya ke agenda kerja bakti yang dilakukan di kecamatan Purwasari, Jumat (24/2) mengatakan, ke wilayah Kecamatan Purwasari merupakan dalam rangka mengidupkan kembali kebersamaan otong royong terhadap Masyarakat, salah satunya dengan mengadakan kerja bakti yang saat mulai kembali diuapayakan agar dapat jalan kembali diseluruh desa yang ada diwilayahnya. "Kegiatan kerja bakti ini, menjadi awal ditahun ini, untuk kembali ditingkatkannya program kerja bakti dilingkungannya masing-masing," tuturnya Kepada Radar Karawang dilokasi kegiatan tersebut.
Ia melajutkan, dengan adanya kegiatan tersebut yang diawali oleh seluruh aparat mulai dari tingkat Kecamatan hingga kepala Desa yang ada di Kecamatan ini, mampu menjadikan contoh bagi warganya agar tetap menggalakan kerja bakti. Maka dari itu, diharapkan dengan diawali kerja bakti tersebut dilingkungan kecamatan menjadikan awal ditingkatkannya program tersebut. "Jadi kalau sekarang saja aparat pemerintahnya sudah mau kerja bakti, pasti masyarakatnya pun akan ikut kerja bakti. Makanya ini harus dipelopori dulu oleh para aparatnya, biar nanti menjadi contoh untuk masyarakatnya," katanya.
Karena, ia mengatakan, dengan digalakan kembali program kerja bakti di berbagai wilayahnya, tidak hanya  dapat menumbuhkan kesadaran masyarakatnya terhadap kebersihan lingkungan. Akan tetapi, menjadi salah satu sarat dalam meraih gelar Adipura yang selama ini diidamkan Pemerintah Kabupaten Karawang. Karena dengan rutinitas kerja bakti yang terus digencarkan para warganya merupakan solusi dalam meraih gelar tersebut. "Makanya kepada masyarakat, mari kita bersama-sama budayakan lingkungan bersih dengan tidak membuang sampah sembaranga, dan terus mulai mengaktifkan lagi kerja bakti, karena sarat untuk mendapatkan gelar adipura salah satunya ya dengan bersihnya lingkungan dari sampah yang berserakan nantinya," ucapnya.
Dilokasi yang sama, Camat Purwasari, Hj. Ratu Chassanah mengatakan, untuk mengawali kinerja ditahun 2017 ini, tidak hanya persoalan infrastruktur Jalan diwilayahnya yang akan terus dibenahi. Melainkan, program kerja bakti yang saat ini sudah menjadi program wajib mingguan di kecamatan Purwasari, wajib digencarkan disetiap desanya yang ada diwilayah ini. Hal tersebut dikarenakan, dengan adanya gotong royong dalam menjaga lingkungannya agar tetap bersih, meski adanya peranan pemerintah setempat dengan kesadaran masyarakat yang begitu tinggi terhadap kepedulian kebersihan lingkungannya. "Jadiini awal kegiatan kerja bakti masal diwilayah kecamatan ini, karena dipastikan setiap minggu akan terus dilakukan disetiap desanya masing-masing dengan mengajak masyarakatnya untuk kerja bakti dilingkungannya agar tidak ada lagi sampah diwilayah ini yang menumpuk dan membusuk," paparnya.
Maka dari itu, dia menambahkan, dengan berlandaskan Intrupsi Pemerintah Daerah, sehingga menjadi dasar untuk menjadikan program kerja bakti menjadi sebuah rutinitas wajib setiap minggu yang meski djalankan warga diwilayah ini. Karena selain dapat menciptakan suasana yang bersih dan sehat. Kegiatan tersebut mampu menjadi upaya agar dapat memberikan sumbangsi dalam mendapatkan piagam adipura yang menjadi salah satu sarat besarnya dengan kebersihan lingkungan."Saya pastikan, untuk program ini bisa terus konsisten, jadi selain bisa menanamkan jiwa gotong royong dimasyarakat ini, kegiatan ini menjadi bentuk kepedulian kami terhadap warga agar bisa terus hidup sehat,"pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

3 komentar:

  1. aamiin... mudah2an apa yang di cita cita kan tercapai untuk kota karawang tercinta kita

    BalasHapus
  2. Harusnya jangan hanya d wilayah purwasari saja d adakn gotroy kerbak tp d pusat kota ,terutama jalan2 protokol tuh banyak di pasangin bendera2 partai politik tuh,menganggu keindahn kota..banyak2 mah taman kota..biar ADIPURA gak cuma sekedar angan2 aja.
    Karawang tuh punya slogan INTERASIH tp kok jauh kebalik dgn sloganya? Ini perlu ketegasan dr sang bupati.

    BalasHapus
  3. Kadang saya berfikir,apa Karawang tdk pernah melihat kabupaten/kota di daerah lain soal kebersihan,ketertiban,dn tata kota yg rapih. Dr sy lahir smp sekarang blm ada kerapihan. Berganti2 pemimpin tp blm ada perubahan brrti. Malah makin banyak pendatang..sumpek. Apalagi kl lewat pasar tradisional,psti macet,bau,sampah berserakan. Adipura untuk saat ini hanya sebatas mimpi dan angan2

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template