Pelajar SMA Global Islamic School Belajar Membuat Keramik Plered - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelajar SMA Global Islamic School Belajar Membuat Keramik Plered

Pelajar SMA Global Islamic School Belajar Membuat Keramik Plered

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Februari 2017 | 14.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Dalami ilmu tentang kerajinan gerabah dan tingkatkan pengetahuan kearifan lokal. Puluhan pelajar SMA Global Islamic School Jakarta Timur, mengunjungi UPTD Litbang Keramik Plered, Kamis (2/2).
Puluhan pelajar tersebut dijejali materi tentang sejarah dan teknik pembuatan Keramik Plered oleh Kepala UPTD Litbang Keramik Plered, Bambang Mega Wahyu. Pelajar Kelas XI dari dua jurusan IPA dan IPS tersebut tampak antusias mengikuti materi yang diberikan. Bahkan beberapa pertanyaan pun dilontarkan oleh mereka. "Para siswa yang berkunjung ke UPTD Litbang Keramik ini berjumlah 96 dari dua jurusan IPA dan IPS. Guru 11 orang," ujar Isna Cahyani, salah satu guru di SMA Islamic School, kepada awak media.
Ia menjelaskan, pihaknya sengaja mengunjungi UPTD Litbang Keramik ini, tujuannya adalah agar para siswa mengetahui dan mencintai kearifan lokal yang ada di tanah air. Salah satunya gerabah keramik yang ada di wilayah Purwakarta ini. Bahkan ia mengaku, penasaran ingin mengetahui teknik pembuatan keramik lebih mendalam lagi. "Di UPTD ini, para siswa belajar teknik pengolahan, pemasaran hingga cara melestarikan kearifal lokal gerabah keramik," tuturnya.
Isna juga menambahkan, kunjungan ini juga merupakan salah satu syarat mengikuti UTS, mata pelajaran seni budaya. Nantinya, para siswa akan praktik pengolahan keramik di sekolah. "Yah nanti juga kita akan praktikan di sekolah agar para siswa semakin mahir dalam pembuatan keramik," bebernya.
Sementara, Kepala UPTD Litbang Keramik Plered, Bambang Mega Wahyu apresiasi kegiatan yang di lakukan sekolah dari Jakarta tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu upaya untuk terus meningkatkan pamor Keramik Plered. "UPTD Keramik Plered, membuka pintu selebar-lebar bagi siapapun yang ingin lebih mendalami pengetahuan tentang Keramik Plered," pungkasnya (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template