Pelajar MAN 2 Karawang Sambangi Seniman Wayang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelajar MAN 2 Karawang Sambangi Seniman Wayang

Pelajar MAN 2 Karawang Sambangi Seniman Wayang

Written By ayah satria on Selasa, 07 Februari 2017 | 01.19.00

KLARI, RAKA- Pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Karawang sambangi seniman pengrajin wayang golek yang berada diwilayah Kampung Jatirasa, Desa Duren, Kecamatan Klari, kemarin (4/2). Kunjungan para pelajar tersebut yang langsung mendatangi pembuatan wayang itu, bertujuan agar dapat lebih mengetahui secara utuh budaya sunda di pewayangan.
Selain itu, kedatangan para pelajar yang ada di wilayah Kabupaten Karawang, diharapkan menjadi awal upaya dalam melestarikan budaya pewayangan ketingkat generasi muda saat ini. “Sekolah kami, sekarang sistem pembelajarannya Full Day School, jadi untuk mengisi kekosongan waktu, kami sengaja pengen tahu seperti apa kerajinan wayang golek yang ada diwilayah Klari ini,” ujar Halimatul Salbiah Siswi kelas dua belas (XII) MAN 2 Karawang, saat berkunjung ke pengrajin wayang yang ada diwilayah Kecamatan Klari.
Bahkan, ketakjuban saat melihat proses pembuatan wayang yang sangat dibutuhkan ketelatenan dan kepiawaian dari setiap ukiran menjadi rasa penasarannya. Hal itu menjadi pembelajaran pengetahuan baru diluar sekolah. “Ternyata, di Karawang ini apapun ada, bukan hanya wisata sejarah saja dan lainnya, kerajinan membuat wayang juga ada, dan ini sangat bagus untuk menambah wawasan kami selaku generasi muda sekarang,” katanya.
Banyak hal yang didapatkan dalam menjalankan agenda rutinitas setiap  minggunya, kata dia, selain berkunjung untuk mencari wawasan perihal sejarah yang ada di Karawang, pembelajaran non formal ini bisa menjadi bekal wawasan dalam mencari tahu keilmuan dibidang sejarah. “Kami jadi banyak tahu, karena pengrajin bah Ana ini, bukan hanya jago membuat wayang, tapi tahu sejarah tentang pewayangan juga,” ucapnya.
Hal senada disampaikan Tuti Astuti siswi MAN 2 Karawang, ketertarikan untuk ikut dalam kunjungan keseniman wayang tersebut merupakan inisiatifnya. Selain bisa lebih mengenal lebih dalam perihal sejarah wayang.  Hal tersebut dapat menjadi upaya agar keberadaan wayang golek tidak pernah punah dikalangan generasi saat ini. “Kami jadi tahu sejarah pewayangan, dan kami jadi tertarik agar bisa belajar membuat wayang juga,” katanya.
Karena, menurutnya, memang diakui saat ini keilmuan dibidang budaya sunda sedikit minim di kalangan pelajar. Hal ini diharapkan, agar seluruh pelajar yang ada di Kabupaten Karawang dapat melakukan hal yang sama. “Saya berharap bisa ajak teman pelajar yang lain, karena banyak ilmu yang didapat dari kegiatan kecil kami ini,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template