Pelajar Bisa Menjadi Tour Guide - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelajar Bisa Menjadi Tour Guide

Pelajar Bisa Menjadi Tour Guide

Written By Mang Raka on Jumat, 24 Februari 2017 | 14.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Kini, Pemkab Purwakarta masif mengembangkan sektor pariwisata. Sejauh mana minat para kaum muda di Purwakarta untuk berkontribusi pada agenda tersebut. Salah satu peran yang bisa diambil oleh pemuda dan mahasiswa yaitu menjadi tour guide wisatawan yang datang ke Purwakarta.
Menjawab semua itu, Forum Komunikasi Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (FK-OSIS) dan Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) Kabupaten Purwakarta atau disingkat FOMPA, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) STIE Muttaqien dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Situ Buleud, menyatakan kesiapannya dalam mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Purwakarta.
Hal tersebut terungkap dalam dialog yang berlangsung di ruang bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta, yang dipandu langsung oleh Kepala Bidang Kepemudaan, Ahmad Arif Imamulhaq, didampingi Acep Yuli Mulya selaku Kepala Seksi Pariwisata dan para kepala seksi di Bidang Kepemudaan, kemarin.
M. Naufal dari FOMPA mengungkapkan, bahwa dirinya merasa terpacu dengan adanya statement Menteri Pariwisata pada saat peresmian tahap 3 Air Mancur Sri Baduga, akhir pekan lalu. "Ya, saya jadi terpacu dengan statement pak menteri yang mengharapkan peran serta generasi muda dalam mendukung pariwisata. Dan, gayung bersambut manakala saya ungkapkan kepada Kang Arif selalu Kabid Kepemudaan agar dapat difasilitasi dialog ini. Semoga pertemuan ini ada tindaklanjutnya," tutur pelajar dari SMAN 1 Campaka itu.
Sejalan dengan pandangan tersebut, Ahmad Arif Arfan, Ketua HMI Komisariat Situ Buleud, mendukung sepenuhnya langkah dan kebijakan Bupati Purwakarta dalam memajukan sektor pariwisata. "Kami dukung sepenuhnya kebijakan Kang Dedi Mulyadi dalam memajukan pariwisata daerah di Purwakarta. Untuk itu, kami berharap instansi terkait dapat memberikan ruang dan kesempatan kepada generasi muda untuk terlibat lebih aktif dan bersinergi dengan elemen lainnya," tutur mantan Ketua OSIS SMAN 1 Purwakarta yang juga mahasiswa ini.
Menanggapi keinginan dan harapan tersebut, Kepala Seksi Pariwisata, Acep Yuli Mulya menyampaikan, bahwa sebaiknya generasi muda dapat membuat kegiatan-kegiatan kreatif dalam bidang kepariwisataan dan kemudian disinergikan  dengan program di dinas terkait. "Saya sangat apresiatif atas dukungan sekaligus harapan generasi muda dalam mendukung kemajuan pariwisata di Purwakarta. Silahkan dibuat program atau kegiatan yang nantinya dapat sinergis dengan kami di bidang pariwisata dan kebudayaan khususnya. Dan, saya kira kang Arif beserta bidang Kepemudaan telah menyambungkannya melalui dialog ini. Tentu ke depan, kami akan tindaklanjuti dengan langkah-langkah konkret terkait dengan peran serta generasi muda," terangnya.
Sementara itu, pemerhati seni budaya yang juga hadir dalam dialog tersebut, Kana Pena Sukma, mengungkapkan mahasiswa ini kedepan bisa menjadi tour guide bagi wisatawan. "Saya bersyukur adik-adik pelajar dan mahasiswa ini mau terlibat sebagai pelaku dalam sektor pariwisata, diantaranya dapat menjadi tour guide atau pemandu wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta," ujarnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template